Jowonews

Logo Jowonews Brown

Waduh… Jembatan Suramadu Belum Datangkan Investor ke Bangkalan

SURABAYA, Jowonews.com – Wakil Bupati Bangkalan, Mondir Rofi’I mengatakan, jembatan penghubung antara Kota Surabaya dengan Pulau Madura, Suramadu, yang telah diresmikan enam tahun silam belum mendatangkan investor lokal maupun asing yang tertarik pada potensi pulau garam tersebut.

“Jika ada yang menilai dibangunnya jembatan Suramadu untuk meningkatkan perekonomian Madura, khususnya Bangkalan, maka harus banyak dikaji. Apalagi baru-baru ini ongkos Suramadu untuk kendaraan bermotor digratiskan, sedangkan roda dua didiskon 50 persen,” katanya dalam Forum Maritim Jatim di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jumat.

Ketua DPC PKB Bangkalan ini menilai belum saatnya Suramadu digratiskan karena di Suramadu masih dibutuhkan sebagai perlindungan. Sebab, penggratisan Suramadu akan kian memudahkan orang Madura membelanjakan uangnya ke Surabaya.

“Padahal tarif sepeda motor yang gratis, namun orang-orang di sekitar Suramadu jika beli susu ke Surabaya, tidak ke Bangkalan. Perputaran uang di Bangkalan pun tidak banyak, salah satunya hanya berasal di wisata kuliner seperti Bebek Sinjay,” kata Mondir, sapaan akrabnya.

Mondir yakin penggratisan itu tidak akan berdampak banyak pada investasi di Madura. Investasi juga bergantung pada layanan dari pemerintah kepada investor, misalnya mempermudah perizinan bagi investasi, namun pihaknya kali ini terus membenahi perizinan dengan model perizinan satu atap.

“Bangkalan memang butuh banyak investasi agar cita-cita menjadi kawasan industri di Madura bisa terealisasi. Namun investasi yang tidak sembarangan, harus tetap dipilah agar tidak merusak adat istiadat dan kultur dalam budaya masyarakat Madura. Jangan sampai warga Bangkalan tidak jadi tuan di rumahnya sendiri,” ungkap dia.

Menurut dia, ada ancaman yang bisa membuat warga Bangkalan akan tersisih dalam pembangunan Madura karena tarif Suramadu yang belum digratiskan 100 persen saja, tanah-tanah di sekitar jembatan Suramadu sudah banyak dibeli orang-orang luar daerah Madura.

Karena itu, tambahnya Pemkab Bangkalan membuat rencana pengembangan bagi kawasan pelabuhan Kamal, dengan membangun sentra kuliner dan wisata heritage sebagai daya tarik wisatawan agar berkunjung ke Bangkalan. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...