Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wagub Minta Proses Perumusan UMK Segera Diselesaikan

heruSemarang, Jowonews.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko meminta proses perumusan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2016 yang saat ini sedang dilakukan oleh pihak terkait, segera selesai agar bisa ditetapkan.

“Kita ingin perumusannya cepat, tapi ya tidak ‘grusa-grusu’ dan dirembug bersama tapi jangan lambat, harus segera disepakati usulan UMK, kemudian disampaikan ke Pemerintah Provinsi Jateng,” katanya di Semarang, Jumat (2/10).

Wagub juga mengharapkan perusahaan bisa memberikan UMK yang layak demi kesejahteraan buruh dan para buruh meminta UMK realistis sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing. 

Menurut dia, pemberian upah layak untuk kalangan buruh dapat berpengaruh pada sektor ekonomi di Jateng karena para buruh memiliki daya beli memadai. “Pemerintah daerah setempat harus bisa mengambil jalan tengah antara kepentingan para buruh dengan perusahaan agar tidak ada pihak yang dirugikan,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jawa Tengah Wika Bintang mengungkapkan bahwa hingga saat ini seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jateng yang menyerahkan usulan besaran upah UMK 2016 ke pemerintah provinsi setempat.

“Dari 35 pemerintah kabupaten/kota di Jateng belum ada yang menyerahkan usulan UMK 2016 karena para buruh dan pengusaha belum sepakat dengan nominal UMK,” katanya.

Ia mengharapkan usulan nominal UMK 2016 yang diserahkan setiap pemerintah kabupaten/kota ke Gubernur Jateng paling lambat 1 Oktober 2015 itu sudah merupakan hasil kesepakatan pembahasan dari para buruh dan pengusaha.”Selanjutnya, usulan UMK 2016 itu akan dibahas oleh dewan pengupahan tingkat provinsi dan kemudian penetapannya dilakukan pada 20 November 2015″ ujarnya. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Ganjar Desak Pemerintah Cairkan BOS Madrasah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...