Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wah… Jelang Puasa Harga Sembako Mulai Naik…

SEMARANG, Jowonews.com – Harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Semarang mengalami kenaikan di antaranya gula pasir, minyak goreng curah, dan telur ayam negeri.

Salah satu pedagang di Pasar Bulu Siti Harini (55) mengatakan, harga gula pasir di Pasar Bulu Kota Semarang sebelumnya Rp12 ribu/kg saat ini naik menjadi Rp14 ribu/kg, minyak goreng curah dari Rp10 ribu/liter saat ini Rp12 ribu/liter.

Sedangkan untuk telur ayam negeri jika sebelumnya Rp17 ribu/kg saat ini menjadi Rp19 ribu/kg.

Sedangkan untuk komoditas bawang merah dan bawang putih hingga saat ini harganya masih stabil.

“Tiga bulan ini harga bawang merah Rp38 ribu/kg dan harga bawang putih Rp35 ribu/kg, masih stabil,” kata salah satu pedagang Sulastri (40).

Untuk harga wortel sejauh ini juga tidak ada kenaikan.

Menurut pedagang lain Ngateni (55), saat ini harga wortel impor Rp6.000/kg dan wortel lokal Rp5.000/kg.

Kenaikan harga pokok juga dialami pedagang relokasi sementara Pasar Johar di Jalan Arteri Soekarno-Hatta Kota Semarang.

Wibowo (46) pedagang grosir cabai menuturkan harga cabai mengalami kenaikan seperti cabai merah keriting sebelumnya dari harga sebelumnya yaitu Rp7 ribu/kg saat ini menjadi Rp10 ribu-Rp15 ribu/kg.

Sedangkan untuk cabai merah besar dari Rp12 ribu/kg saat ini menjadi Rp14 ribu/kg. Untuk cabai rawit merah sebelumnya Rp12 ribu/kg saat ini menjadi Rp15 ribu/kg.

Meski demikian, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga diantaranya cabai hijau besar dan cabai hijau kecil.

“Cabai hijau besar sebelumnya Rp10 ribu/kg saat ini Rp8 ribu/kg dan cabai hijau kecil yang sebelumnya Rp13 ribu/kg sekarang Rp8 ribu/kg,” katanya.

Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui faktor penyebab kenaikan maupun penurunan harga tersebut. Meski demikian, diprediksi fluktuasi harga tersebut karena jelang libur panjang siswa sekolah yang berdampak pada kenaikan konsumsi masyarakat. (jn16-ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...