Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wapres JK Menilai Partisipasi Pemilih Diatas 75 Persen

JAKARTA, Jowonews.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai jumlah partisipasi pemilih pada pemilu 17 April mendatang akan mencapai di atas 75 persen, sehingga menjadi lebih baik dibandingkan PIlpres 2014.

“Memang rata-rata yang pergi ke TPS itu hanya (sekitar) 70 persen dari sekian kali pemilu. Tapi saya kira, karena ini kelihatannya pemilu menarik, saya kira pada akhirnya (partisipasi) akan di atas 75 persen,” kata JK kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Selasa.

Terkait masih adanya pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) dan pemilih yang masih bisa mengubah pilihannya (swing voters), JK mengatakan masih ada sisa enam hari kampanye dan debat capres terakhir untuk menarik suara mereka.

“Saya kira nanti pada waktunya dia ‘decided’ dengan pengaruh kampanye, pengaruh debat nanti pada tanggal 13 itu, biasanya mereka akan menentukan itu,” tambahnya.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia satu bulan jelang pemungutan suara, terdapat angka “swing voters” sebesar 16,9 persen dan “undecided voters” sebanyak 7,2 persen.

Tingkat partisipasi pemilih pada dua pilpres terakhir berkisar di angka 70 persen. Pada Pilpres 2009 partisipasi pemilih hanya 71,7 persen sedangkan pada Pilpres 2014 partisipasi pemilih turun menjadi 69,8 persen. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...