Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wapres: Kisruh DPD Memalukan

JAKARTA, Jowonews.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyesalkan kericuhan yang sempat terjadi dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Senin (3/4) lalu.

“Kita menyesalkan apa yang terjadi di DPD semalam, dan itu terus terang memalukan kita, baik dalam negeri, khususnya luar negeri, mereka sudah bertanya-tanya ada apa ini sistem demokrasi di Indonesia,” kata JK dalam konferensi pers di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (4/4).

Kericuhan pertama dalam rapat paripurna DPD RI yang dipimpin dua wakil ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Farouk Muhammad, terjadi saat anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Timur, Ahmad Nawardi, membacakan surat pernyataan tidak puas dengan keputusan Rapat Panitia Musyawarah (Panmus) DPD RI.

Kericuhan berlanjut dengan aksi saling mendorong di bagian depan pimpinan sidang dalam ruang rapat paripurna yang tak kunjung dimulai.

“Kita selama ini memuji-muji demokrasi kita, tapi dipertontonkan yang kurang baik, tentu kita malu melihat itu, jadi saya harap bahwa hal ini dapat diselesaikan oleh DPD sendiri,” kata Wapres.

Selanjutnya, Wapres berharap DPD dan Mahkamah Agung (MA) dapat menyelesaikan polemik putusan MA tentang masa jabatan pimpinan DPD RI adalah lima tahun sesuai masa jabatan anggota DPD RI.

“Ini masalah legal kemudian, ya, terserahlah kita ‘nggak’ tahu, ini urusan antara DPD dengan MA, apakah MA mengambil sumpah atau apa, kita tidak tahu persoalannya,” kata dia. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Wapres Sebut "Golput" Terjadi Bila Ada Apatisme

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...