Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wapres: Menteri Ikut Pilkada Harus Mundur

JAKARTA, Jowonews.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta menteri yang akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk secepatnya keluar atau mengundurkan diri dari Kabinet Kerja.

“Ya, mesti kampanye ‘kan, kalau kampanye ya harus keluar dari kabinet,” kata Wapres usai meninjau proyek renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

JK mengatakan menteri yang ingin maju menjadi kepala daerah harus segera mengundurkan diri agar Presiden Joko Widodo dapat segera melantik menteri baru sehingga posisi yang ditinggalkannya tidak kosong terlalu lama. “Ya, otomatis diganti, kalau kampanye ‘kan tidak boleh,” kata dia.

Saat ini diketahui sejumlah menteri Kabinet Kerja telah bersiap untuk maju dalam Pilkada, antara lain Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang akan maju ke Pilkada Jawa Timur dan Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Puspayoga yang berencana maju ke Pilkada Bali.

Sebelumnya, JK menyampaikan kepada media di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (26/9), bahwa Mensos Khofifah telah memberikan laporan kepada Presiden Jokowi bahwa dirinya akan maju ke Pilkada Jatim untuk ketiga kalinya.

Menanggapi laporan tersebut Wapres mengatakan mengikuti Pilkada merupakan hak politik Khofifah sehingga keputusannya patut dihormati. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...