Jowonews

Logo Jowonews Brown

Warga Sumbersari Protes Ganti Rugi Tol

KENDAL, Jowonews.com – Warga Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel memprotes ganti rugi lahan tol Batang-Semarang. Warga memboikot musyawarah di balai desa setempat kemarin siang.

Mereka menilai harga ganti rugi terlalu kecil. Musyawarah yang melibatkan Satuan Kerja Pembangunan Tol Batang-Semarang, Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan Camat Ngampel, hanya dihadiri lima warga. Padahal ada 50 bidang lahan yang terkena tol di desa tersebut.

“Di Batang saja yang tanahnya kurang produktif diganti minimal Rp300 ribu ke atas di sini mestinya lebih tinggi lagi,” ujar salah satu warga Munawar.

Menurut Munawar  musyawarah tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan berkas-berkas lahan yang akan dibangun jalan tol. Namun pihaknya mengaku heran karena belum ada kesepakatan harga tiba-tiba sudah diminta mengumpulkan berkas.

Menurutnya, kehadiran lima warga tersebut merupakan perwakilan dari sekitar 180 warga yang terdampak pembangunan tol ini. Rencananya, mereka hanya mempertanyakan kepastian harga ganti rugi kepada pihak terkait.

Diakui sebagian besar lahan yang terkena tol merupakan lahan pertanian produktif yang bisa ditanami padi, jagung dan bawang merah. Karena itu wajar jika warga minta harga yang lebih tinggi.

“Mulanya, warga mendapat informasi bahwa harga ganti rugi lahan sekitar Rp120 ribu per meter, kemudian naik menjadi Rp220 ribu per meter setelah mendapat penolakan dari warga,” ujar Munawar.

Ketua Satuan Kerja Pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang, Wijayanto menyampaikan mekanisme pembebasan lahan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Yakni pengumpulan berkas, tim appraisal menentukan harga, mengumumkan harga lewat perseorangan.

“Uuntuk harga ganti rugi, yang lebih tau tim appraisal. Kemungkinan minggu depan sudah ada kepastian harga,” ujar dia.

Camat Ngampel, Heru Purnomo mengatakan, seharusnya ada musyawarah antara warga dan tim appraisal dalam menentukan harga, sehingga terjadi transparansi. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Warga Keluhkan Debu Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Semarang

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...