Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Waspada 10 Simpul Kemacetan di Jateng Saat Mudik Lebaran

SEMARANG, Jowonews.com – Bagi para pemudik yang akan melintas di wilayah Provinsi Jawa Tengah penting mewaspadai sejumlah titik rawan yang berpotensi menjadi simpul kemacetan arus lalulintas. Titik rawan ini, tersebar di sepanjang jalur utama pantai utara (pantura), jalur alternatif tengah srlatan maupun sepanjang jalur lintas selatan Jawa Tengah.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hadi Santoso menjelaskan, salah satu titik rawan kemacetan ini berada di Kabupaten Tegal, tepatnya jembatan kali Pah.

“Karena ada perbaikan jembatan kali Pah, jalur di titik ini rawan menjadi simpul kemacetan, saat arus lalulintas pemudik meningkat,” ungkapnya, di Semarang, Jumat (17/6/2016).

Titik kerawanan berikutnya berada di Kabupaten Pekalongan oleh karena adanya pekerjaan penggantian jembatan Sipait. Hingga saat ini, jembatan Sipait (khususnya untuk jalur dari arah Tegal menuju Semarang) masih dalam proses pembangunan.

Untuk memfasilitasi pengguna jalan, di lokasi perbaikan ini ada satu jembatan Bailey yang diperuntukkan bagi arus lalulintas dari arah Tegal menuju Semarang. Karena kendaraan yang melintas di jembatan darurat ini harus melaju pelan, diperkirakan titik ini bakal menjadi pemicu penumpukan kendaraan bermotor.

Hadi menambahkan, titik kemacetan yang patut diwaspadai adalah perbedaan tinggi petmukaan badan jalan di Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. “Sedangkan di jalur tengah, potensi simpul kemacetan arus lalu lintas ini berada di wilayah Kecamatan Patean, juga di Kabupaten Kendal,” terangnya.

Lebih ke arah timur, potensi macet ada di Kota Semarang, khususnya di jalur pantura seperti wilayah Kaligawe, yang masih terendam rob. Dalam beberapa pekan terakhir, air rob menggenangi jalur utama Kaligawe hingga Kecamatan Genuk. Bahkan ketinggian air rob ini mencapai batas lutut orang dewasa.

BACA JUGA  Kapolri Larang Polisi Mudik Lebaran 2020

Sedangkan lebih ke timur juga ada perbaikan di jalur utama Blora, tepatnya di jembatan Gelandangan, Kabupaten Blora. “Di wilayah tengah, titik kemacetan yang wajib diwaspadai adalah jalur Salatiga – Kedungjati di Kabupaten Semarang, Magelang – Jrakah- Boyolali di wlayah Kabupaten Magelang dan Boyolali,” pungkasnya. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...