Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wawali Minta Layanan BPPT Maksimal

SEMARANG, Jowonews.com – Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta pelayanan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) setempat yang berkaitan dengan pelayanan publik dimaksimalkan.

“Pelayanan yang diberikan (BPPT, red.) harus maksimal, misalnya untuk ruang tunggu. Ruang tunggu harus nyaman, ada ruang konsultasi, dan sebagainya,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita, di Semarang, Kamis.

Sebagai kantor yang melayani perizinan, kata dia, semestinya pula BPPT memiliki semacam “priority room” untuk konsultasi usaha jika memang ingin membidik investor-investor besar untuk berinvestasi.

Dari kajian yang dilakukan, BPPT Kota Semarang memerlukan luasan setidaknya 1.100 meter persegi untuk penyediaan ruang-ruang itu, sementara ketersediaan lahan sekarang ini hanya sekitar 500 meter persegi.

“Berarti, memang harus dibuat dua lantai. Kami sedang mengkaji karena lantai dua di atas Kantor BPPT sekarang ini kan ditempati satuan-satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang lain,” katanya.

Ia menyebutkan ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk memperluas Kantor BPPT, antara lain dengan memindah kantor SKPD, yakni Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Dinas Kelautan.

Perpustakaan dan Arsip Daerah, kata dia, sekarang berada di lantai satu Gedung Moch Ihsan bersama dengan BPPT, sementara Dinas Kelautan berada di lantai dua sehingga dikaji kemungkinan dipindah.

“Perpustakaan dan Arsip Daerah kan sudah punya kantor di daerah Ngesrep. Kalau Dinas Kelautan kan tidak memerlukan ruang tunggu, berbeda dengan BPPT yang selalu berhubungan dengan pihak eksternal,” katanya.

Yang jelas, kata dia, Pemerintah Kota Semarang akan mengatur ulang tata letak kantor-kantor SKPD sesuai dengan fungsinya, seperti SKPD yang membutuhkan ruang tunggu dan yang tidak memerlukan.

“Kalau fungsinya tidak sebagai pelayanan, ya, tidak memerlukan ruang tunggu. Namun, kalau selalu berhubungan dengan pihak eksternal, seperti BPPT, ruang tunggunya, ya, harus dibuat nyaman,” katanya.

BACA JUGA  Pelaku Peledakan Gunakan Granat Manggis

Selain itu, Ita mengatakan kajian juga dilakukan terhadap penyediaan lahan parkir untuk BPPT Kota Semarang sebab pelayanan perizinan sangat banyak sehingga memerlukan lahan parkir yang memadai. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...