Jowonews

Logo Jowonews Brown

Titen

Lima Weton Pemalas Menurut Primbon Jawa

Weton Pemalas

Pemalas merupakan orang yang enggan untuk bekerja atau mendayagunakan energi untuk melakukan suatu aktivitas. Dalam kepercayaa sebagian masyarakat Jawa, sifat malas atau karakter pemalas ini juga dipengaruhi oleh weton. Setidaknya ada lima weton pemalas yang ditengarai menjadi salah satu faktor mengapa seseorang jadi orang yang malas.

Sifat pemalas ini biasanya ditunjukkan dengan bentuk sikap menunda-nunda. Apabila kebiasaan menunda-nunda itu dipelihara, maka hal ini akan berkembang menjadi sifat enggan mengerjakan tugas yang jadi tanggungjawabnya.

Untuk itu penting untuk mengetahui dampak dari kebiasaan bermalas-malasan ini yang menyebabkan seseorang menjadi pemalas.

Adapun dalam kepercayaan masyarakat Jawa, berikut beberapa weton yang dipercayai menyebabkan seseorang menjadi pemalas.

Selasa Wage

Orang yang lahir dengan weton Selasa Wage ditengarai memiliki sifat Pendito Kang Lelaku. Yakni sifat yang gemar pergi jalan-jalan hanya untuk liburan saja.

Bahkan orang dengan weton ini tak segan meninggalkan tanggungjawabnya untuk kesenangan dirinya. Misal membolos kerja hanya untuk bisa pergi berlibur atau jalan-jalan sesuka hati. Selain itu, Ia juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki sifat bodo atau tidak begitu memikirkan masa depan atau cita-cita.

Senin Pon

Orang yang dilahirkan pada Senin Pon juga dikenal memiliki watak pemalas. Karakter lain dari orang dengan weton Senin Pon adalah cenderung plinplan, dan tak memiliki pendirian.

Weton dengan neptu 11 ini dianggap memiliki atau mewarisi watak lakukan setan. Sehingga sifat buruk yang ada pada dirinya perlu sesegera mungkin untuk diperbaiki.

Selasa Kliwon

Seperti hal yang weton Senin Pon, weton ini juga memiliki neptu 11 yang memiliki sifat lakune setan. Kecenderungan seseorang dengan weton ini, selain pemalas , ia juga plinplan dan tidak memiliki pendirian.

BACA JUGA  Empat Weton Pria Penyabar dan Penuh Perhatian yang Cocok Dijadikan Pasangan

Rabu Kliwon

Seseorang yang terlahir pada Weton Rabu Kliwon juga dipercayai memiliki sifat pemalas dan mudah tersulut emosi.

Weton ini memiliki neptu 15 yang memiliki sifat lakuning geni atau layaknya api. Meskipun demikian, ia dikenal memiliki sifat pemberani.

Jumat Pahing

Sama seperti halnya weton Rabu Kliwon, weton ini juga memiliki neptu 15 atau memiliki sifat lakuning geni.

Seperti layaknya api yang berkobar-kobar, orang dengan weton ini gampang emosi. Sehingga siapa saja yang berhubungan dengan dirinya perlu pintar-pintar menjaga perasaan.

Karakter orang yang lahir pada Jumat Pahing keras dan susah untuk disentuh. Mereka seringkali menolak terhadap apa yang dibebankan terhadap dirinya dan cenderung pemalas. Meskipun demikian Ia memiliki sifat pemberani yang berani menentang siapa pun yang dianggap mengganggu kenyamanan dirinya.

Sifat pemalas ini adalah sifat yang berbahaya dan perlu dilawan. Untuk itulah senantiasa paksa diri dan gunakan waktu yang ada dengan mayoritas kegiatan-kegiatan yang produktif.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...