Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Wingko Salem Khas Demak, Kue Gurih dan Manis Sebagai Teman Ngeteh

Wingko Salem Khas Demak

Wingko merupakan makanan tradisional sejenis kue yang terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda dan gula. Kuliner tradisional ini sangat populer di wilayah pantai utara pulau Jawa. Salah satunya adalah Wingko Salem Khas Demak. Kata salem diambil dari nama buah salamah karena rasanya yang manis.

Wingko pada umumnya berbentuk bundar atau dipotong kotak-kotak. Kue ini biasa disajikan dalam potongan kecil-kecil dan disajikan dalam kondisi hangat, sebagai teman menyeduh teh.

Jika sedang berziarah atau berwisata ke Demak, jajanan khas Demak ini dapat menjadi pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Hal ini karena rasa wingko salem ini terbilang khas. Seluruh proses pengolahan dan memasak wingko salem dilakukan secara tradisional.

Adonan wingko yang telah jadi, dioven menggunakan tungku dari tanah liat. Kemudian bahan bakar yang digunakan untuk memanaskan tungku masih menggunakan kayu. Maka tidak heran jika Wingko Salem ini mengeluarkan aroma yang khas.

Salah satu Wingko Salem Khas Demak yang cukup populer adalah yang diproduksi oleh Ny. Ninik. Wanita yang menetap di Desa gedangan RT 3 RW 4, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak ini mengklaim wingko buatannya lebih terasa gurih dan lezat.

Untuk mendapatkan wingko ini, selain di toko oleh-oleh, jajanan khas Demak ini juga banyak dijual para pedagang keliling di Demak. Harganya juga sangat terjangkau.

BACA JUGA  Nasi Berkat Wonogiri, Nasi Hajatan Ada Sejak Dua Abad Lalu

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...