Jowonews

Logo Jowonews Brown

Setoran Caketum Golkar Rp 20 M Dianggap Pemerasan

JAKARTA, Jowonews.com – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar Bambang Soesatyo mengatakan setoran calon ketua umum partai Golongan Karya sebesar Rp20 milyar baru wacana antara anggota partai tersebut.

“Soal permintaan itu mungkin baru wacana dan pasti ketua umum keberatan, karena itu sama saja seperti pemerasan,” kata Bambang di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan nilai setoran untuk menjadi calon ketua umum paling besar sekitar Rp 5 miliar, hal tersebut mencontoh Penyelenggaraan Munas Kamar Dagang Indonesia.

“Seperti Kadin besarannya paling banter Rp2 hingga Rp3 miliar, tapi karena ini partai politik Rp5 miliar masih pantas,” kata dia.

Dia juga menginginkan ketelibatan penegak hukum untuk mengawasi Musyawarah Nasional Luar Biasa Gokar yang akan digelar Mei 2016 mendatang.

Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya suap atau politik uang dalam pemilihan ketua umum partai berlambang pohon beringin itu.

“Utamanya kalau ada ketua Golkarnya dan penyelenggara negara. Kalau bukan penyelenggara negara kan bukan urusan,” kata dia.

Sebelumnya, sekretaris panitia pengarah Munaslub Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan wacana setoran oleh calon Ketua Umum memang sedang dalam pembahasan, namun dia menegaskan angka Rp 20 miliar tidak benar.

Menurut Agun kebijakan setoran itu dilandasi keinginan menciptakan level atau derajat pertarungan politik yang sama di antara calon ketua umum. Jika tidak diatur demikian, maka dikhawatirkan calon yang memiliki uang berlebih dapat lebih leluasa menggelontorkan dana.

“Jangan seperti dulu ada kandidat membuat posko sendiri,” kata Agun.

Sebelumnya beredar kabar bahwa panitia pengarah Munaslub Golkar akan membuat kebijakan bahwa seluruh calon Ketua Umum Golkar akan dimintai setoran dana sebesar Rp 20 miliar untuk penyelenggaraan Munaslub. (jn16-1nt)

BACA JUGA  Kader Golkar Jateng Hadiri Munas Ancol, Struktur Segera Selidiki

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...