Jowonews

Sragen Diselimuti Spanduk Tolak Pemimpin Dinasti Jelang Pilkada

SRAGEN – Menjelang Pilkada Sragen, sejumlah spanduk provokatif bermunculan di kecamatan Sambungmacan. Salah satu yang mencolok terpasang di Desa Plumbon dengan tulisan ‘Plumbon Bersatu Tolak Pemimpin Dinasti’. Pemasangan spanduk tersebut terlihat di beberapa desa di kawasan itu.

Kehadiran spanduk ini tampaknya ditujukan untuk menentang pasangan calon (Paslon) nomor urut satu, Untung Wibowo Sukawati dan Suwardi. Ada anggapan bahwa kepemimpinan Bupati Yuni akan diwariskan kepada Wibowo Sukawati, yang menciptakan isu tentang politik dinasti di Sragen.

Hingga saat ini, tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pemasangan spanduk tersebut. Meski demikian, Bambang Widjo Purwanto, Sekretaris DPD Nasdem Sragen, memprediksi bahwa isu dinasti akan diangkat dalam kampanye. Ia menegaskan bahwa konsep politik dinasti tidak berlaku dalam konteks Pilkada, karena pemilih memiliki hak untuk menentukan pilihan mereka secara langsung.

“Kalau cocok senang dengan program kerjanya bisa dipilih dan dicoblos. Terkecuali sistem pemerintahan kerajaan itu dinamakan dinasti. Lha ini dalam pemilihan bupati warga yang menentukan pilihannya dan mencoblos ya kliru kalo dibilang politik dinasti,” ujar Bambang Pur, seperti dilansir dari Kabar Sukowati.

Bambang menilai penggunaan spanduk provokatif sebagai bentuk kampanye hitam sudah usang, mengingat masyarakat kini semakin cerdas dalam menentukan pilihan mereka pada Pilkada Sragen 2024. Ia mengingatkan bahwa cara-cara seperti ini tidak akan efektif untuk mempengaruhi keputusan pemilih.

BACA JUGA  Sragen Raih Predikat Kota Layak Anak Tingkat Nindya Tahun 2022

Bagikan:

Google News

Dapatkan kabar terkini dan pengalaman membaca yang berbeda di Google News.

Berita Terkait