Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Aneka Varian Nasi Goreng Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Aneka Varian Nasi Goreng Indonesia

Aneka Varian Nasi Goreng Indonesia ini bisa jadi belum begitu diketahui banyak orang. Seperti halnya soto, nasi goreng juga memliki kekhasannya sendiri di setiap daerah.

Dalam voting yang dilakukan CNN pada tahun 2016 yang lalu, nasi goreng meraih peringkat kedua sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang adalah satu-satunya makanan yang berada di atasnya.

Kuliner khas Indonesia ini sangat populer dan sudah terkenal di seluruh dunia.

Beberapa tokoh terkenal di dunia selalu menyebut nasi goreng sebagai makanan favorit mereka ketika berada di Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama adalah salah satunya.

Pembalap Marc Marquez dan Pol Espargaro juga menikmati nasi goreng saat mereka berada di Sirkuit Mandalika Indonesia untuk balapan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa nasi goreng Indonesia memiliki berbagai varian yang berbeda.

Berikut adalah beberapa varian nasi goreng Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber.



Aneka Varian Nasi Goreng Indonesia

Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa ini dikenal dengan ciri khasnya yang berwarna cokelat kecoklatan. Ketika dihidangkan, nasi goreng ini dilengkapi dengan ayam yang dipotong-potong, telur, bawang goreng, serta daun bawang. Beberapa orang menyebutnya sebagai nasi goreng desa.

Nasi Goreng Mawut

Nasi goreng ini juga terkenal dengan sebutan nasi goreng Magelangan. Seperti namanya, hidangan ini berasal dari kota Magelang. Salah satu ciri khasnya adalah nasi goreng yang dicampur dengan mie.

Nasi Goreng Kambing

Jika dilihat sekilas, nasi goeng ini tampak serupa dengan nasi kebuli yang khas dari Arab. Nasi goreng ini sudah beredar di Indonesia sejak lama. Komposisi rempah yang melimpah dan menggunakan irisan daging kambing yang lezat.

BACA JUGA  Nasi Tiwul, Kuliner Tradisional Sejak Masa Penjajah yang Kaya Manfaat
Nasi Goreng Aceh

Nasi goreng ini kaya akan rempah-rempah. Meskipun tidak setenar mi Aceh, nasi goreng Aceh patut dicicipi.

Nasi Goreng Resek

Nasi goreng yang khas di Malang dikenal dengan nama “resek” karena sengaja disajikan secara acak. Isi dari nasi goreng ini terdiri dari potongan ayam, kol, mie, dan tauge.

Nasi Goreng Merah

Nasi goreng merah ini berasal dari Makassar. Nasi goreng ini dibuat dengan menggunakan saus tomat yang membuat warnanya menjadi merah. Selain itu, nasi goreng tersebut juga memiliki cita rasa khas yang sangat kuat berkat bumbunya yang pedas. Babat yang ditambahkan juga memberikan rasa yang nikmat dan teksturnya lembut.

Nasi Goreng Sunda

Sama seperti hidangan khas Sunda lainnya seperti seblak, karedok, rujak, dan yang lainnya. Nasi goreng khas Sunda juga dicampur dengan rempah kencur, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.



Nasi Goreng Bali

Nasi goreng ini dihidangkan bersama sate lilit. Umumnya nasi goreng ini dimasak dengan rempah-rempah khas seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas, kunyit, kemiri, terasi, dengan saus tiram dan kecap asin.

Nasi Goreng Hitam Surabaya

Pigmen hitam pada nasi goreng tersebut dihasilkan dari tinta cumi-cumi yang teraduk dengan bahan-bahan rempah lainnya. Sebagai isian, nasi goreng tersebut dihiasi dengan potongan cumi-cumi. Terkadang, telur goreng dan petai juga ditambahkan untuk memperkaya rasa nasi goreng ini.

Nasi Goreng Gila

Nasi goreng ini mempunyai banyak bahan, terdiri dari potongan ayam, bola daging, sosis, telur dadar dan beberapa jenis sayuran. Banyaknya bahan tersebut membuat nasi goreng ini disebut sebagai nasi goreng spesial.

Nasi Goreng Ijo

Perbedaan dari nasi goreng ini terletak pada warna hijaunya. Warna hijau pada nasi goreng ini tidak dihasilkan dari bahan pewarna makanan, namun dari cabai hijau yang digunakan sebagai bumbu utama.

BACA JUGA  Lezatnya Pecel Pakis Colo di Lereng Gunung Muria, Rasanya Gurih dan Segar
Nasi Goreng Jawa Timuran

Nasi goreng di wilayah Jawa Timur tampil dengan warna yang lebih merah karena diolah dengan campuran saus gurih sebagai bumbu utamanya. Biasanya, hidangan nasi goreng ini dilengkapi dengan sayuran sawi, kol, potongan ayam, acar mentimun, dan cabai utuh.

Rasa nasi goreng khas Jawa Timur ini cenderung lebih kuat pada cita rasa gurih. Jika Anda menyukai makanan yang pedas, Anda bisa menambahkan cabai utuh sebagai pelengkap.

Nasi Goreng Seafood

Seperti namanya, nasi goreng ini mengandung beragam jenis makanan laut yang sangat menggiurkan. Termasuk di antaranya cumi, udang, daging kepiting, kerang, dan scallop. Selain isiannya yang terdiri dari makanan laut, kamu juga akan merasakan aroma makanan laut yang sangat kuat pada nasi goreng ini.

Nasi Goreng Padang

Seperti namanya, nasi goreng ini mengandung beragam jenis makanan laut yang sangat menggiurkan. Termasuk di antaranya cumi, udang, daging kepiting, kerang, dan scallop. Selain isiannya yang terdiri dari makanan laut, kamu juga akan merasakan aroma makanan laut yang sangat kuat pada nasi goreng ini.

Nasi Goreng Kuah

Nasi goreng khas Kediri ini menjadi variasi paling istimewa. Sebab, nasi goreng ini disajikan dengan kuah. Terdengar aneh, tetapi ternyata banyak orang menyukainya terutama saat udara sedang dingin, seperti saat musim hujan. Bumbunya sama seperti nasi goreng pada umumnya, sementara kuahnya terbuat dari kaldu ayam hangat yang lezat.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...