Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Canggih, Gerbang Keberangkatan Stasiun Semarang Tawang Dilengkapi Alat Pemindai Wajah

Stasiun Semarang Tawang

SEMARANG – Saat ini, Stasiun Semarang Tawang telah dilengkapi dengan teknologi face recognition di gerbang keberangkatannya.

Menurut Ixfan Hendri Wintoko, selaku Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, teknologi ini merupakan inovasi terbaru dari KAI untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

“Sistem ini berfungsi untuk mengenali dan memverifikasi identitas seseorang melalui wajah, yang telah terintegrasi dengan data tiket kereta dan status vaksinasi pelanggan,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Senin (5/6).



Sebelum menggunakan teknologi ini, pelanggan KAI harus melakukan registrasi terlebih dahulu di mesin yang telah disediakan di area stasiun. Pada tahap registrasi, pelanggan akan diminta untuk memindai KTP Elektronik dan sidik jari telunjuk kiri dan kanan, yang hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku untuk selanjutnya.

“Setelah berhasil registrasi, pelanggan hanya perlu melewati teknologi face recognition yang telah tersedia, tanpa perlu mencetak boarding pass lagi,” jelasnya.

Proses pemindaian wajah hanya membutuhkan waktu beberapa detik, sebelum gerbang keberangkatan terbuka secara otomatis. Meskipun teknologi face recognition telah tersedia di gerbang keberangkatan, KAI tetap menyediakan layanan boarding manual bagi pelanggan yang memilih untuk menggunakan cara tersebut.

Stasiun Semarang Tawang menjadi stasiun ketujuh yang menerapkan teknologi face recognition ini, setelah sebelumnya diadopsi oleh Stasiun Jakarta Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Cirebon.

Foto Dok. ANTARA/ HO-KAI Daop Semarang

BACA JUGA  Dishub Kota Semarang Gelar Penertiban Parkir Liar

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...