Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Cara Mengolah Pepes Ikan Agar Tidak Amis, Bisa Dicoba di Rumah

Cara Mengolah Pepes Ikan Agar Tidak Amis

Cara mengolah pepes ikan agar tidak amis menjadi salah satu hal perlu dilakukan agar olahan ikan terasa lebih nikmat dan aromanya sedap.

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama oleh anak-anak. Pasalnya, ikan mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, ikan merupakan produk yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Apalagi jenis ikan yang ada di Indonesia juga menjadi primadona. Mulai dari ikan air tawar hingga air asin, ada semuanya. Mengolah ikan menjadi menu masakan yang lezat juga cukup mudah. Bisa digoreng, dipanggang atau dijadikan menu sayur dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Kemudian ikan juga bisa diolah dalam bentuk pepes. Menu pepes ikan ini juga menjadi sajian favorit banyak orang.

Nah, untuk memasak pepes ikan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa tips pepes ikan anti amis yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari situs Maggi, Selasa (12/6/2022).

Cara Mengolah Pepes Ikan Agar Tidak Amis

Pastikan Ikannya Segar

Pertama, pastikan ikan yang Anda pilih untuk dimasak masih segar. Bagaimana cara memeriksa? Anda bisa melihat warna, tekstur, dan aromanya. Ikan segar biasanya memiliki mata yang jernih, insang berwarna merah cerah, dan memiliki tekstur kenyal saat ditekan secara ringan. Juga, baunya tidak menyengat atau berlebihan.

Nah, tips awal ini bisa anda terapkan saat mulai memilih ikan di pasar atau penjual sayur.

Bersihkan ikan dengan baik

Setelah sampai rumah, saatnya ikan dibersihkan agar bisa segera diolah. Tahukah Anda, bagi yang baru belajar memasak, membersihkan ikan seringkali cukup sulit. Namun, agar pepes Anda tidak amis, bagian insang dan perut memang perlu dibersihkan dengan baik.

BACA JUGA  Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Dijamin Mantul

Caranya, setelah sisik diberisihkan, gunakan pisau untuk menarik insang. Biasanya, saat insang ditarik, organ dalam ikan juga ikut tertarik. Kemudian, Anda mengerat salah satu sisi ikan, membuang sisa ususnya dan mencucinya di bawah air mengalir hingga bersih.

Hilangkan bau amis dengan jeruk nipis

Setelah ikan dibersihkan, Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya cukup mudah. Potong saja jeruk nipis menjadi dua, peras sedikit agar sarinya keluar, lalu gosokkan pada kulit dan daging ikan. Kemudian bilas dengan air mengalir agar rasa asam jeruk nipis tidak lagi menempel pada daging ikan untuk diolah. Setelah bau amis hilang, Anda bisa menambahkan bumbu untuk menambahkan rasa gurih pada ikan.

Perkaya Pepes Ikan dengan Bumbu Rempah

Setelah proses pembersihan selesai, Anda bisa menghilangkan bau amis dengan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu halus. Anda juga bisa menambahkan serai yang dihancurkan atau dihaluskan, daun salam, atau daun kemangi ke dalam campuran pepes ikan.

Tambahkah Aroma Penyedap

Supaya aroma pepes ikan Anda menjadi lebih sedap, jangan lupa untuk menambahkan bumbu halus agar aromanya lebih menggoda. Tujuannya agar ikan lebih beraroma dan enak untuk disantap.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...