Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

FGD: Promosi Banjarnegara Jadi Destinasi Wisata Harus Lebih Gencar

Ferry Wawan Cahyono
Gema DPRD Jawa Tengah

BANJARNEGARA – Dari catatan (Persatuan Wartawan Indonesia) PWI Banjarnegara, dalam 10 tahun terakhir, desa-desa yang ada di Kabupaten Banjarnegara mulai ‘berjualan’ potensinya. Tujuannya semata untuk menjadikan daerahnya menjadi destinasi alternatif.

Pembahasan itu tertuang dalam acara Focus Group Disscussion (FGD) dengan tema ‘Apa Kabar Pariwisata di Banjarnegara?’ di Hotel Fox Harris Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (1/3/2023). Dalam FGD itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono menjadi narasumber utama didampingi beberapa pihak lainnya seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, PWI Banjarnegara, pelaku bisnis wisata, dan beberapa YouTuber lokal.

Saat berdiskusi, tujuan wisata Banjarnegara yang disorot, selain dataran tinggi Dieng dan wisata rafting, adalah Curug Pletuk. Di objek wisata alam tersebut, nuansa air terjun menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Dalam hal ini, Sudaryo selaku Kasi Pemasaran Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara menjelaskan selama ini pihaknya sudah mendampingi beberapa desa untuk memberdayakan potensinya. Harapannya, bisa menjadi destinasi wisata baru.

“Patut diakui, Dieng mampu menjadi destinasi unggulan. Bahkan, ‘Dieng Cultur Festival’ kini sudah menjadi agenda rutin Kementerian Pariwisata. Namun, kita tetap berharap ada ‘Dieng-dieng’ lainnya yang bisa dimunculkan sehingga wisata di Banjarnegara lebih dikenal luas,” harapnya.

“Dengan upaya sinergi semua pihak, maka kampanye wisata akan lebih gencar. Dari situ akan muncul percepatan sektor wisata di Banjarnegara. Kami (DPRD) sudah mengeluarkan perda soal pemberdayaan desa wiaata sehingga punya kepastian hukum dan anggaran dari pemprov untuk mendukung kepariwisataan di Banjarnegara,” tandasnya.

BACA JUGA  Wisata Baru, Melihat 'Sunset' Dan 'Sunrise' Dari Puncak Bukit "Scooter" Dieng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...