Jowonews

Logo Jowonews Brown

GAME EDUKASI MENGGUNAKAN 3D UNITY

Media Teknologi untuk Pendidikan

Oleh: Noor Fadhila Rahmawati

Unity 3D adalah game engine yang merupakan sebuah software pengolah gambar, grafik, suara, dan lain-lain yang ditujukan untuk membuat suatu game, meskipun tidak selamanya harus untuk game. Kelebihan dari game engine ini adalah bisa membuat game berbasis 3D maupun 2D, dan sangat mudah digunakan. Unity 3D dibuat oleh Unity Technology dan merupakan game engine yang bermulti platform. Unity 3D mampu di publish menjadi Standalone (.exe), berbasis web, Android, iOS, Xbox, dan PS3. Walau bisa dipublish ke berbagai platform, Unity 3D perlu lisensi untuk dapat di-publish ke platform tertentu. Tetapi Unity 3D menyediakan untuk free user dan bisa di-publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini Unity sedang di kembangkan berbasis AR (Augment Reality)

Terdapat dua versi dari unity 3D, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Pada versi gratis terdapat beberapa fitur yang tidak dapat digunakan, seperti tidak dapat melakukan konversi game ke console. 2. Fitur-fitur Unity 3D a. Rendering Unity telah mendukung pengguna graphic engine, seperti Direct3D (Windows, Xbox 360). OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan APIs (Wii). Selain itu, Unity 3D juga mendukung pengguna bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows menggunakan shadow maps, render-to-texture dan full-screen post-processing effect. b. Scripting Scripting yang digunakan pada Unity 3D dibangun menggunakan MonoDevelop. MonoDevelop merupakan implementasi open source dari .NET Framework. Bahasa pemrograman yang didukung oleh Unity antara lain JavaScript, C#, dan Boo (menggunakan sintaks Phyton). c. Asset Store Asset Store merupakan aspek dari permainan yang akan direferensikan oleh beberapa komponen, asset itu sendiri atau kelengkapan penunjang pembuat game.

Asset store merupakan tempat untuk mendapatkan asset yang digunakan untuk menunjang pembuatan game. Asset yang ada pada Unity 3D dibagi menjadi dua, yaitu external dan internal. Asset eksternal merupakan asset yang ditambahkan dari sumber di luar Unity 3D, seperti 3D Model, Texture dan Sound Effect. 12 12 d. Platform Unity 3D dapat dijalankan secara cross platform. Platform yang didukung antara lain Xbox one, BlackBerry 10, Windows Phone, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, Playstation 3, Xbox 360, Wii U dan Wii. 3.

Terminologi Ketika mambuat aplikasi menggunakan Unity 3D, maka perlu memahami beberapa istilah yang sering digunakan. Berikut penjelasan istilah-istilah penting ketika membuat aplikasi menggunakan Unity 3D. a. Scene Secara sederhana, scene dapat diartikan sebagai level pada game atau form pada aplikasi. Dengan scene, kita dapat meletakkan berbagai macam objek. b. Packages Packages merupakan kumpulan asset yang sudah dijadikan satu. Melalui packages ini, kita dapat berbagi asset dengan pengguna Unity 3D lain. c. Prefabs Prefabs merupakan sebuah kontainer atau sebagian salah satu cara untuk membuat grup asset sehingga dapat digunakan berkali-kali di dalam sebua project. d. Game Object Setiap objek dapa project kita yang di buat Unity adalah Game Object.

Contohnya Lighting, Kamera dan juga objek hewan pada aplikasi ini pun adalah sebuah Game Object. 13 13 e. Component Component adalah group dari suatu fungsi yang berisikan parameter-parameter yang mendefinisikan seperti apa bentuk ataupun sifat dari game object. f. Asset Asset merupakan bagian-bagian yang akan membentuk suatu aplikasi.

Melalui asset, kita dapat membuat lingkungan, tokoh, atau benda dalam aplikasi. Asset dapat diperbolehkan di Asset Store, dimana kita dapat mengunduh asset secara gratis, meskipun ada juga yang berbayar. g. Script Script merupakan bagian yang dapat digunakan untuk membuat kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mengatur bagaimana aplikasi berjalan. Melalui script, kita dapat melengkapi asset yang sedang atau ingin kita gunakan dalam pembuatan aplikasi.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...