Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Gemblong Cotot Salatiga, Gurih dan Isiannya Meleleh Dari Dalam

Gemblong Cotot Salatiga

Gemblong Cotot Salatiga ini bisa menjadi salah satu kuliner yang dapat Anda coba saat berkunjung ke Kota di kaki Gunung Merbabu ini.

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita. Di beberapa tempat, singkong tak hanya direbus, tetapi juga diolah menjadi berbagai camilan yang enak dan menggugah selera. Salah satunya adalah Gemblong Cotot Salatiga.

Sejarah Gemblong Cotot

Gemblong Cotot merupakan salah satu produk olahan singkong. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih yang diuleni hingga halus dan dibentuk-bentuk seperti bola. Kemudian adonan bulat berbentuk bola tersebut digoreng dan setelah dingin dilumuri dengan larutan gula merah.

Di Jawa Timur, gemblong itu disebut Getas. Meski rasanya mirip, Getas terbuat dari beras ketan hitam, sedangkan gembllong terbuat dari beras ketan putih. Namun di daerah Jawa Tengah khususnya di daerah Semarang dan Salatiga, gemblong juga bisa dibuat dari singkong dan biasa disebut dengan gemblong cotot.

Dilihat dari namanya, kue tradisional ini memang unik karena kata cotot jika diterjemahkan dari bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia berarti muncrat atau keluar secara tiba-tiba. Hal ini mungkin karena bahan isi dari kue ini akan terasa keluar ketika kita mengggitnya sehingga kue ini dinamakan demikian.



Keunikan Gemblong Cotot

Gemblong Cotot khas Salatiga ini memiliki rasa manis karena isiannya adalah gula pasir yang larut/meleleh saat kue digoreng. Selain itu, makanan tradisional ini memang bisa menunda rasa lapar karena makan 4-5 potong saja sudah membuat Anda merasa kenyang seperti makan sepiring nasi utuh. Berdasarkan tinjauan literatur yang telah dilakukan, tidak jelas dari mana sebenarnya gemblong cotot berasal. Namun, dengan memahami nama makanan ini, dapat diasumsikan bahwa asal usul gemblong cotot ini adalah dari Jawa Tengah.

BACA JUGA  Nikmatnya Sego Tempe Pedas, Kuliner Khas Pati yang Tak Boleh Dilewatkan

Gemblong Cotot D9 Salatiga

Saat berkunjung ke Salatiga, Anda dapat mengunjungi Singkong Keju D9 Salatiga untuk merasakan kelezatan gemblong cotot ini. Gemblong cotot ini dapat Anda nikmati langsung di lokasi atau pun dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Singkong Keju D9 beralamat di Jl. Argowiyoto No.8A, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732.

Kuliner ini juga sangat mudah di temui di pasar-pasar tradisional Salatiga. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencicipinya?

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...