Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Getuk Dalangan Kudus, Menikmati Jajanan Klasik yang Legendaris

KUDUS – Jajanan tradisional yang masih sangat populer adalah getuk, dan jika Anda berada di Kudus, Jawa Tengah, ada varian khas yang patut dicoba, yaitu getuk dalangan. Getuk dalangan dapat ditemukan di Dukuh Dalangan, Desa Barongan, Kecamatan Kota Kudus, yang berjarak kurang dari 500 meter dari Alun-alun Kudus.

Warung ini sudah eksis selama sekitar 40 tahun dan dikelola oleh tiga generasi keluarga. Rochimah, pengelola saat ini, meneruskan usaha dari mertuanya, Suwarni. Dia membuat dan meracik sendiri getuk-getuk yang dijajakan, menekankan kepentingan kesegaran getuk sebagai daya tarik utama.

“Semuanya saya buat sendiri, dari getuk sampai juruhnya. Getuknya harus fresh. Soalnya itu yang bikin Getuk Dalangan dicari banyak orang,” ungkap Rochimah.

Singkong terbaik dipilih untuk membuat getuk, dan juruh (saus parutan kelapa muda dicampur dengan gula jawa cair) yang disiram ke getuk juga harus memiliki rasa yang istimewa. Selain getuk dalangan, di tempat ini juga tersedia berbagai jajanan tradisional seperti lopis, puli, moto belong, dan ketan.

Warung ini buka setiap hari, kecuali Minggu, Ramadan, dan hari-hari besar, mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Harga getuk yang dijajakan terjangkau, berkisar antara Rp3 ribu sampai Rp5 ribu. Pembeli juga dapat memilih apakah ingin getuknya disiram juruh atau tidak. Ada juga varian getuk berukuran besar berbentuk gunungan tumpeng dengan harga mulai Rp25 ribu, yang sering dipesan untuk acara lamaran.

“Mau gula atau kelapa bisa dipilih. Kalau pengin manis ya pakai gula, kalau nggak yang tinggal disiram kelapa,” jelas Ima, salah satu karyawan di warung tersebut. Jadi, jika Anda berada di Kudus, Getuk Dalangan Kudus bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicicipi.

BACA JUGA  Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan, Cuma Pakai 5 Bahan Saja

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...