Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Mengenal Teh Tambi, Kisah Kelezatan dari Perkebunan Legendaris

Teh Tambi Wonosobo

WONOSOBO – Bicara tentang teh, rasanya tak lengkap jika tidak menyebut Perkebunan Teh Tambi. Perkebunan ini bukan sekadar tempat penghasil teh, melainkan juga kiblat bagi pecinta teh di Tanah Air.

Di lereng-lereng Wonosobo, Jawa Tengah, terhampar keindahan perkebunan teh yang menjadi sumber utama teh berkualitas tinggi. Desa Tambi di Kecamatan Kejajar menjadi saksi bisu aktivitas para petani teh setiap pagi. Di bawah langit biru, para perempuan dengan penuh semangat memetik daun teh yang segar.

Tidak sembarang daun teh yang dipetik, hanya pucuk-pucuk teratas yang menjadi incaran. Proses pemilihan dan pemetaan daun teh menjadi keahlian khusus yang dijalani oleh tenaga terlatih. Mereka memastikan setiap pucuk daun yang dipetik sesuai standar kualitas terbaik.

Teh Tambi tidak hanya sekadar nama, tetapi juga jaminan kualitas. Proses seleksi ketat dilakukan sebelum daun-daun teh masuk ke tahap selanjutnya, yakni proses pelayuan. Ruang khusus dengan suhu terkontrol menjadi arena di mana daun-daun teh menjalani proses oksidasi selama 12 jam.

Setelah melalui serangkaian tahap, mulai dari pelayuan hingga penggilingan dan pemanggangan, teh berkualitas tinggi siap untuk dinikmati. Tak heran jika Teh Tambi dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga menembus pasar internasional, mencapai berbagai negara di Asia, Amerika, dan Australia.

Teh Tambi bukan sekadar minuman, tetapi juga warisan budaya dan keahlian petani teh Wonosobo yang patut dibanggakan. Jadi, jika Anda menginginkan secangkir teh yang istimewa, Teh Tambi adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA  Asal-Usul Tahu Aci Tegal, Telah Ada Sejak Masa Penjajahan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...