Jowonews

Logo Jowonews Brown

HUT RI Ke-77, Warga Dusun Karangduren Magelang Jalan Sehat Sejauh 7 Kilometer

MAGELANG – Warga Dusun Karangduren, Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, tumpah ruah ke jalanan dusun setempat dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77. Mereka melakukan jalan sehat dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer mengelilingi dusun Karangduren, pada Minggu (21/8/2022).

Sebelumnya selama satu minggu penuh warga Karangduren mengikuti berbagai perlombaan untuk memeriahkan hari jadi Indonesia ke-77 tersebut. Perlombaan terbagi dalam berbagai kategori mulai dari anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu, hingga Pasutri. Diantara perlombaan yang dipertandingkan antara lain lomba estafet tepung, turnamen badminton, dan merias wajah mirip tokoh wayang punokawan untuk lomba pasutri.

Selain menyelenggarakan perlombaan, pada 17 Agustus 2022, warga juga menyempatkan melakukan upacara penurunan bendera di halaman salah satu rumah warga. Peserta upacara mengenakan pakaian tradisional setempat. Peserta upacara laki-laki mengenakan batik, sementara peserta upacara perempuan mengenakan kebaya.

Warga Dusun Karangduren melaksanakan upacara penurunan bendera mengenakan pakaian tradisional pada 17 Agustus 2022

Ketua Karang Taruna Dusun Karangduren, Ismail mengatakan, rangkaian kegiatan ini dilakukan bukan hanya sebagai pesta rakyat saja, namun juga untuk mengingat perjuangan dan jasa para pahlawan.

“Momen ini juga untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini,” ungkapnya.



Sementara pada acara puncak, para warga Dusun Karangduren melakukan jalan sehat dan pembagian hadiah perlombaan. Pada acara tersebut juga dibagikan hadiah kejutan dengan hadiah utama sepeda motor matic terbaru.

Anggota DPRD Kabupaten Magelang, Arifah Apriliyani, Anggota mengatakan, pesta rakyat ini harus terus di lestarikan. Anggota dewan termuda ini berharap kebahagiaan dan semangat kemerdekaan terus berkobar di hati masyarakat.

“Dengan adanya lomba dan jalan sehat ini membuat masyarakat semakin guyub dan semakin bangga akan kemerdekaan Indonesia yang sudah di rebut dari tangan penjajah”, tandasnya.

BACA JUGA  Sebanyak 20 Tokoh dan Destinasi Wisata di Jawa Tengah Terima Anugerah Pariwisata

Foto: Doc. Dokumentasi Warga

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...