Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Warga Magelang Gelar Pasar Budaya Grebeg Telo Untuk Angkat Potensi Ketela

Grebeg Telo Magelang

MAGELANG – Warga di Kabupaten Magelang menggelar Pasar Budaya Grebeg Telo. Setidaknya ada 20 tumpeng ketela diarak dan kemudian diperebutkan warga, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pasar Budaya Grebeg Telo yang diselenggarakan di Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (20-21/8/2022).

Pembukaan dilakukan pada hari Sabtu (21/8/2022) dan dibuka Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang yang diwakili Siti Adi Waryanto. Kemudian dilanjutkan dengan pentas kesenian lokal setempat. Pada hari selanjutnya, Minggu (22/8/2022), warga setempat melakukan Kirab Grebeg Telo.

Dikutip dari borobudurnews.com, salah satu panitia Grebeg Telo, Catur Prabowo mengatakan, gelaran Pasar Budaya ini untuk mengangkat dan mengedukasi masyarakat luas bahwa ketela dapat diolah menjadi beragam makanan.



”Pada hari ini, kami mengajak ibu-ibu PKK untuk mengolah hasil ketela yang ada di Desa Bumiharjo untuk menjadi beragam olahan,” kata Catur.

Ia mengungkapkan ada sekitar 20 tumpeng yang diarak dalam Kirab Grebeg Telo ini. Tumpeng-tumpeng tersebut berasal dari 19 RT yang ada di wilayah tersebut.

“Masing-masing RT membuat satu tumpeng dan dari panitia satu tumpeng,” terangnya.

Catur menambahkan, pihaknya berencana menggelar pasar budaya secara rutin dengan menggandeng seluruh komponen masyarakat.

”Kami berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” pungkasnya.

Foto: doc. borobudurnews.com

BACA JUGA  Menerapkan Metode STEM, SD Kanisius Kenalan Magelang Dikunjungi UNESCO

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...