Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kandang Kambing di Banjarnegara Sekilas Seperti Villa, Ada Tamannya Juga

Kandang Kambing Banjarnegara

BANJARNEGARA – Kandang kambing sering kali terkesan kotor dan berbau. Meski demikian, di Desa Linggasari, Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara, terdapat kandang kambing yang berbeda.

Kandang kambing ini tidak hanya terlihat bersih, tetapi juga dilengkapi dengan taman dan gazebo yang indah.

Ketika Anda mengunjungi lokasi ini, Anda akan melihat bangunan berbentuk segitiga di tengah-tengah pepohonan yang terlihat seperti kompleks vila. Di dalamnya terdapat taman dan bangunan gazebo yang menawan.

Namun, siapa yang menyangka bahwa bangunan estetik ini sebenarnya adalah kandang kambing. Kandang ini dibuat seperti rumah panggung dengan menggunakan kayu yang dipelitur.

Dilansir dari Detik Jateng, Gunpar (43), warga Desa Linggasari, adalah pemilik kandang kambing ini. Ide membuat kandang ini muncul ketika ia ingin membuat usaha peternakan yang ramah lingkungan.



“Awalnya kami ingin membuat usaha yang tidak merusak lingkungan dan dapat diterima di lingkungan. Karena usaha peternakan bisa mengeluarkan bau yang mengganggu tetangga,” ujar Gunpar saat ditemui di kandang kambingnya pada Minggu (25/6/2023).

Kandang kambing mewah bak vila di Desa Linggasari, Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara, Minggu (25/6/2023). Foto: Uje Hartono/detikJateng

Namun, setelah dijalankan, kandang yang dibuat bersih dan ramah lingkungan ini membuat kondisi hewan ternak menjadi lebih sehat. Selain itu, Gunpar juga merasa betah berlama-lama di dalam kandang.

“Saat ini kami merasa nyaman. Kami bisa berlama-lama di sini (di kandang). Hewan ternak kami juga menjadi lebih sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pembuatan kandang memakan waktu sekitar enam bulan dan baru mulai dihuni pada bulan Desember tahun lalu. Kandang yang dibangun memiliki kompleks yang luasnya mencapai 700 meter persegi. Biaya pembuatan kandang saja sekitar Rp 18 juta, belum termasuk taman, gazebo, dan fasilitas lainnya.

Gunpar mengaku bahwa perawatan delapan ekor kambing etawa miliknya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, ia selalu rutin membersihkan kandang dan tempat pakan agar kambing-kambing tersebut tetap sehat. “Perawatan kambing saya tidak terlalu spesial, tetapi saya selalu membersihkan kandang dan tempat pakan secara rutin agar kambing-kambing saya tetap sehat,” tambahnya.

BACA JUGA  Manfaat Purwoceng Dieng, Selain Menghangatkan Juga Meningkatkan Gairah Seksual

Foto Dok. Detik Jateng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...