Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Keunikan Geodiversitas Karangsambung di Sisi Utara Kebumen

Geodiversitas Karangsambung

KEBUMEN – Di sisi utara wilayah Kebumen, tersimpan sebuah rahasia alam yang menakjubkan. Jutaan tahun lalu, Pulau Jawa bukanlah daratan, melainkan lantai samudera.

Bukti-bukti konkretnya dapat disaksikan di Geodiversitas Karangsambung, menghadirkan fenomena geologis subduksi yang unik. Proses ini menyebabkan benturan bebatuan di dasar laut, yang secara bertahap mengangkat dasar laut tersebut menjadi daratan, termasuk wilayah Kecamatan Karangsambung saat ini.

Lewat laman resmi Kecamatan Karangsambung, mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang keajaiban Geodiversitas Karangsambung dengan membaca penjelasan berikut ini!



Lokasi dan Rute Menuju Geodiversitas Karangsambung:

Geodiversitas Karangsambung beralamat di Jalan Karangsambung KM 19, Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Dari pusat kota Kebumen, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke arah utara melalui Jalan Karangsambung. Dengan jarak kurang lebih 20 KM, perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil membutuhkan waktu sekitar 35 menit.

Jam Operasional Geodiversitas Karangsambung:

Geodiversitas Karangsambung buka setiap Senin-Jumat, mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Apa yang Ditawarkan di Geodiversitas Karangsambung:

Berdasarkan informasi dari laman resminya, Geodiversitas Karangsambung menyediakan berbagai layanan menarik, Lur.

Edukasi, Informasi, dan Konservasi Kebumian

Pengunjung dapat melihat dan merasakan batuan dari dasar samudera tanpa harus menyelam. Semuanya dapat dinikmati di daratan, bahkan di puncak bukit. Selain itu, detikers dapat berdiskusi dengan para peneliti geologi sambil bermain di sungai Luk Ulo.

Cagar Alam Nasional Geologi

Karangsambung memiliki 32 situs geologi yang unik, memberikan manfaat besar bagi pendidikan dan konservasi kebumian.

Melihat Langsung Geodiversity

Geodiversitas Karangsambung membawa pengunjung menjelajahi keberagaman geologi di beberapa lokasi berbeda, seperti Rijang Merah Berlapis, Baru Lempung, dan Sekis Mika.

Museum Melange

Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung menampilkan Museum Melange dengan koleksi batuan yang memiliki cerita masing-masing.

BACA JUGA  Menyelami Pesona Arsitektur Candi Jago di Malang

Paket Edukasi

Geodiveritas, yang berada di bawah naungan BRIN, menyediakan paket edukasi untuk membantu pemahaman lebih lanjut mengenai bumi. Paket ini ditujukan untuk murid-murid sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum, termasuk kegiatan seperti virtual outing (online), kuliah lapangan, dan outing offline.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Geodiversitas Karangsambung di Kebumen, Jawa Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat, Lur!

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...