Jowonews

Logo Jowonews Brown

MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF (MULTIMEDIA INTERAKTIF) DALAM PEMBELARAJAN

Oleh: Diah Malaka Syakilah, M.Pd

Pembelajaran merupakan proses interaksi guru dengan siswa dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Pembelajaran juga merupakan bantuan yang diberikan guru agar terjadi proses pemerolehan pengetahuan, penguasaan, kemahiran, dan tabiat, serta pembentukan sikap dan keyakinan pada peserta didik dengan baik. Tujuan pembelajaran merupakan komponen utama yang terlebih dahulu harus dirumuskan dalam proses pembelajaran yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran. Tujuan juga merupakan rumusan perilaku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah ia menyelesaikan kegiatan belajar dalam proses pembelajaran.

Metode dan alat pembelajaran yang digunakan dipilih atas dasar tujuan dan bahan pelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya sesuai kemampuan guru, karakteristik siswa, dan situasi pembelajaran. Metode dan alat pembelajaran berfungsi sebagai media transformasi pembelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau sebagai bahan pembelajaran, sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Kriteria dalam penggunaan media: 1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, 2) tepat mendukung isi pelajaran dan sesuai dengan kemampuan siswa, 3) praktis, luwes, dan bertahan, 4) guru terampil menggunakannya, 5) pengelompokan sasaran, 6) Mutu teknis. Jenis media yang digunakan beragam macamnya seperti: audio, visual dan audio visual.

Adanya kemajuan teknologi, tidak dipungkiri juga adanya pemikiran baru seperti pembuatan multimedia. Multimedia, yaitu media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan indra penglihatan dan pendengaran melalui media, teks, visual diam, visual gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi komunikasi dan informasi. Pemanfaatan teknologi belum sepenuhnya merata karena fasilitas yang sudah mendukung di dalam kelas tidak diimbangi dengan media pembelajaran interaktif. Multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat digunakan penggunanya, sehingga dapat memilih proses selanjutnya dalam media. Multimedia menyediakan proses interaktif yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menjalankan media.

Multimedia interaktif mencakup suatu tampilan yang dirancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi untuk menginformasikan dan memiliki interaksi kepada penggunanya (user). Dengan kata lain jika pengertian tersebut dipadukan dalam pembelajaran menjadi media digital yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan informasi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) dua arah atau lebih. Pembelajaran multimedia memiliki manfaat atau kelebihan jika digunakan dalam pembelajaran, yaitu: pembelajaran akan lebih efektif dan optimal, meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, pembelajaran akan menjadi lebih interaktif sehingga penyampaian materi lebih optimal, mampu memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda, dan membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Perkembangan era informasi saat ini memungkinkan tersedianya informasi dalam berbagai bentuk tanpa batas yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dan dari perkembangan teknologi informasi itulah media dapat digabung dengan media lain yang disebut dengan multimedia. Selanjutnya, multimedia dapat menimbulkan interaksi yang disebut dengan multimedia interaktif.

Karakteristik media dalam pembelajaran multimedia diantaranya yaitu 1) memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misal menggabungkan unsur audio dan visual; 2) bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna; 3) bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna dapat menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

Era society 5.0 guru profesional dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta dapat menggunakan TIK dalam pembelajaran seperti multimedia interaktif. Dalam penggunaannya dapat diawali dengan pengembangan multimedia interaktif. Proses mengembangkan multimedia interaktif dalam pembelajaran dimulai dengan menganalisis permasalahan yang dialami saat kegiatan pembelajaran di sekolah. Setelah tahap analisis, dilanjutkan ke tahap desain, pengembangan dan penerapan serta evaluasi. Produk multimedia ini dikembangkan untuk memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara mandiri dan sesuai dengan kemampuan belajar masing-masing yang akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya.

Manfaat dari penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif dan interaktif, menambah motivasi belajar siswa karena memiliki tampilan yang menarik berupa video, teks, gambar dan sebagainya. Multimedia interaktif yang dikembangkan merupakan rangkuman dari seluruh materi yang disajikan dalam bahan ajar yang diberikan oleh guru, yang mana memiliki tampilan yang dinamis sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk siswa

Multimedia interaktif juga bisa dikombinasikan dengan metode dan model yang tepat dengan kebutuhan pembelajaran agar pembelajaran tidak terkesan membosankan. Pemilihan model juga berdasarkan pembagian komponen yang jelas dan selaras dengan apa yang akan dituju. Namun terkadang terbatasnya fasilitas di setiap sekolah maupun siswa, multimedia interaktif tidak dapat diberlakukan tanpa adanya persiapan yang matang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...