Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Nepal Van Java Magelang, Panorama Indah di Lereng Gunung Sumbing

Nepal van Java Magelang

Nepal van Java Magelang adalah julukan desa wisata yang terletak di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di dusun Butuh, desa Temanggung, kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Julukan itu tak lain adalah karena penataan rumah-rumah penduduk desa yang ditata seperti terasering, seperti di Lereng Pegunungan Himalaya, Nepal.

Tentang Wisata Nepal van Java

Nepal Van Java adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini menjadi viral karena memiliki pemandangan yang indah yang membuat kamu merasa seperti berada di negari asing.

Dijuluki Nepal Van Java karena lanskap rumah penduduk Dusun Butuh tampak tumpang tindih sehingga memiliki suasana yang identik dengan pedesaan di Nepal.

Wisata Nepal Van Java, terletak di Dusun Butuh, desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Desa ini terletak pada ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini terletak di lereng Gunung Sumbing. Dengan ketinggian yang begitu tinggi, pedesaan ini menawarkan suasana yang segar, asri dan sejuk, serta pemandangan yang menakjubkan.

Desa ini dulunya hanya jalur pendakian ke Gunung Sumbing. Hingga tahun 2019, desa ini telah menjelma menjadi tujuan wisata populer dengan rumah-rumah bercat aneka warna dan rumah yang tampak bertumpuk.

Kondisi ini menghadirkan nuansa baru, seperti desa Namche Bazaar di Nepal yang terletak di pegunungan Himalaya. Hingga terciptanya Nepal Van Java yang populer di jejaring media sosial karena sangat instagramable dan kekinian.

Dikutip dari akun Instagram resmi Dusun Butuh, @nepal_van_java, cuaca di Nepal van Java berkisar antara 12 hingga 19 derajat Celcius.

Di Wisata Nepal van Java Magelang, kamu bisa menyusuri jalanan Dusun Butuh yang sempit, berkelok-kelok dan penuh tanjakan serta turunan. Bagi yang belum terbiasa hiking, menyusuri jalanan Nepal van Java dengan rumah-rumah warna-warni tentu cukup melelahkan. Tapi jangan khawatir, ada jasa layanan ojek disana.



Kegiatan menarik yang direkomendasikan di Nepal Van Java Magelang

Panorama alam yang disajikan Nepal van Java Magelang sangat indah. Dari desa ini, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Sumbing yang menjadi wallpaper dusun Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik ini.

Nah, inilah beberapa kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di Nepal Van Java. Untuk mengawali keseruan aktivitas di Dusun Butuh, kamu dapat datang pagi-pagi sekali untuk merasakan udara segar dan suasana pagi.

Kamu juga bisa bermalam agar tidak ketinggalan momen sunrise. Berikut rekomendasi aktivitas seru di Nepal Van Java di Magelang.

Menjelajahi Desa dan Perkebunan

Mata pencaharian sebagian besar penduduk Dusun Butuh adalah pertanian dan perkebunan. Maka tak heran jika di sekitar Nepal Van Java Magelang kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang membuat mata terasa segar.

Suasana desa di Nepal Van Java juga sangat asri dan masyarakatnya ramah. Kamu bisa berkeliling sambil menikmati pemandangan perkebunan dengan bentuk terasering khas pegunungan.

Kamu juga bisa mencoba kegiatan yang biasa dilakukan warga sekitar, seperti menanam atau mengumpulkan hasil pertanian di dusun Butuh. Tapi jangan sampai melanggar dan ingat untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Menyaksikan Laut Awan

Jika datang pagi-pagi sekali, Kamu dapat menikmati keindahan lautan awan yang berpadu dengan hijaunya ladang penduduk di sekitar dusun Butuh.

Pemandangan semakin menarik saat matahari perlahan terbit di ufuk timur. Lautan awan akan menguning, membuatnya semakin terlihat mengagumkan.

Keindahan pemandangan ini juga berpadu dengan suasana yang segar dan sangat sejuk. Momen seperti ini pasti tidak tersedia akan tersedia di kota-kota besar.

Berfoto di Spot-spot Populer dan Instagramable

Ada banyak lokasi spot foto yang tersedia di Nepal Van Java. Beberapa diantaranya kamu bisa berfoto di Teras Nepal, Gerbang Dusun, Taman Depok atau Gerbang Pendakian Gunung Sumbing. Semua lokasi tersebut menawarkan pemandangan Gunung Sumbing yang indah sebagai latar belakang.

BACA JUGA  Bukit Dagi Abhinaya Magelang, Cara Lain Menikmati Keindahan Candi Borobudur
Menikmati Sajian kuliner lokal

Jika sudah puas dengan panorama lautan awan dan indahnya matahari terbit, lanjutkan sarapan untuk mengisi kembali tenaga. Tidak perlu jauh-jauh untuk sarapan, kamu bisa mencicipi makanan dari warung-warung yang dikelola warga di Dusun Butuh.

Beberapa warung juga menawarkan jajanan tradisional. Harga makanan di Dusun Butuh juga cukup terjangkau. Setiap warung memiliki latar atau pemandangan yang berbeda-beda.

Berhenti Sejenak dan Menikmati Keindahan Curug Silawe

Jika dirasa telah puas menikmati keindahan Nepal Van Java Magelang, saat perjalan pulang kami bisa mampir dan bersantai sejenak di Curug Silawe. Destinasi wisata terletak searah dengan jalan pulang.

Air Terjun Silawe terletak di Desa Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran. Jarak dari Nepal van Java hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Di Curug Silawe, kamu akan disuguhi pemandangan air terjun setinggi 60 meter yang menakjubkan. Air ini bersumber langsung dari Gunung Sumbing, sehingga sangat jernih dan dingin.

Suasana dan lingkungan sekitar selalu terlihat sangat bagus dan segar. Sangat cocok untuk relaksasi santai dan menghilangkan penat.



Tips Berwisata dan Berkunjung Ke Nepal Van Java Magelang

Bagi para traveller yang ingin berwisata dan mengunjungi desa ini perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu, mengingat lokasi wisata berada di lereng gunung sehingga perlu dilakukan persiapan yang matang sebelum berangkat.

Tiba di Pagi Hari

Pagi adalah waktu yang tepat jika kamu memang ingin mengunjungi Nepal Van Java. Kondisi pagi hari tentunya cuaca menjadi lebih cerah, sehingga pemandangan alam juga bisa lebih indah dan jernih. Tak hanya itu, matahari terbit di langit timur juga akan mempercantik warna yang ada.

Memastikan Kendaraan dalam Keadaan Baik

Tidak hanya kendaraan yang mampu atau kuat ditanjakan, tetapi tentu perlu memperhatikan rem kendaraan agar aman saat melewati medan jalan turunan. Situasi ini akan banyak dilalui ketika wisatawan perjalanan pulang dari dusun Butuh. Rute menurun ini cukup panjang dan harus benar-benar perlu diperhatikan bagi pengendara yang menggunakan motor dengan transmisi otomatis.

Mengerem terus-menerus tentu saja dapat menyebabkan rem lebih mudah rusak. Jauh lebih baik jika Anda berhenti sejenak untuk menyegarkan kendaraan Anda sambil menikmati pemandangan alam di sekitar.

Menggunakan Drone untuk Mengambil Foto Dari Ketinggian

Tips selanjutnya bagi wisatawan ketika berlibur ke Nepal Van Java adalah mencoba menggunakan drone untuk merekam dan mengambil gambar dari berbagai lokasi wisata ini. Tentunya semua pemandangan alam disana tidak akan terlewatkan sama sekali dan akan terlihat jauh lebih mempesona.

Dengan kamera drone ini, Anda pasti mendapatkan perpaduan panorama alam rumah penduduk setempat dengan latar belakang Gunung Sumbing. Nepal Van Java akan memukau dengan latar belakang Gunung Sumbing saat cuaca cerah.

Jadi pastikan cuaca cerah dan bersahabat selama kunjungan Anda. Biasanya, cuaca cerah ini mungkin terjadi selama musim kemarau, kira-kira dari Mei hingga September.

Di sisi lain, tidak disarankan untuk berlibur ke tempat ini pada bulan November hingga April karena cuaca akan mendung dan berkabut sehingga Anda tidak akan dapat melihat pemandangan alam.



Rekomendasi Penginapan Nepal van Java

Ini adalah beberapa rekomendasi akomodasi Penginapan Nepal Van Java yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA  Keindahan Alam Telaga Ranjeng Brebes dan Misteri yang Melingkupinya
Wanto Homestay Murah

Homestay ini juga berada di kawasan Nepal van Java. Alamatnya ada di desa Temanggung, kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Karena masih di kawasan, penginapan Nepal van Java ini jaraknya sangat dekat dari lokasi wisata, hanya sekitar 200 m, sehingga dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Wanto Homestay Murah menawarkan fasilitas wifi gratis, makan, parkir gratis dan bisa bawa hewan peliharaan.

Bintang Homestay

Penginapan Nepal van Java ini berjarak sekitar 130 meter dari lokasi wisata dan masih dalam kawasan wisata sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Alamat dari Bintang Homestay adalah Jalan Raya Kaliangkrik 2, Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tamu yang memilih untuk menginap di Bintang Homstay akan mendapatkan kamar dengan selimut. Di homestay Nepal van Java ini juga terdapat dapur dengan peralatan memasak lengkap.

Bagi yang membawa mobil secara rombongan tidak perlu khawatir karena tempat parkirnya cukup luas.

Homestay Omah Biru

Selain kedua homestay tersebut di atas, pengunjung juga dapat memilih akomodasi alternatif yang disebut Homestay Omah Biru.

Jaraknya sekitar 200 meter dari Nepal Van Java. Untuk menuju ke sana, pengunjung hanya perlu berjalan kaki.

Saat bermalam di Homestay Nepal van Java ini, kamu bisa langsung menikmati keindahan Gunung Sumbing hanya dengan membuka jendela atau pintu.

Harga homestay yang berlokasi di Jalan Raya Kaliangkrik 2, Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini juga terjangkau. Berdasarkan website Booking.com, harga sewa per-malam mulai dari Rp 130.000.

Amanah Homestay

Amanah Homestay juga dekat dengan lokasi Nepal van Java, sekitar 350 m jalan kaki. Lokasinya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ada restoran dan kafe di sekitar penginapan.

Saat lapar atau butuh kopi, kamu hanya berjalan kaki sebentar dari penginapan untuk menikmati makanan dan kopi.

Tamu yang menginap di pagi hari dapat menyaksikan matahari terbit dari homestay, dan pada sore hari juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Shakila Homestay

Penginapan Nepal van Java berikutnya yang juga berada di kawasan wisata adalah Shakila Homestay. Lokasinya di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan jaraknya juga dekat, bisa jalan kaki karena hanya sekitar 300 meter.

Dari atas bangunan penginapan Nepal van Java, penginap dapat menikmati indahnya pemandangan Nepal van Java, serta berfoto selfie di untuk konten media sosial.

Meski kamarnya sederhana, perlengkapannya cukup lengkap, dengan wifi gratis, shower air panas, dan parkir gratis.



Rute Nepal Van Java

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Nepal van Java, ada 2 rute yang dapat dipilih, yaitu melalui Yogyakarta dan Semarang. Bedanya dari Yogyakarta kamu butuh waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari Semarang dan menggunakan jalan tol, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan.

Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Magelang, ikuti jalan menuju pasar Kalianggrik, sekitar 12 km. Dari pasar tersebut kita ikuti jalan hingga tiba di Sekolah Dasar Negeri Desa Temanggung. Kemudian ambil kanan, dan naik sekitar 6 kilometer ke arah basecamp Sumbing melalui Dusun Butuh, Kaliangkrik. Nantinya kita bisa menemukan lokasi Nepal van Java, sekitar 400-500 meter sebelum basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

Nepal van Java dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Nepal van Java dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor atau mobil dengan transmisi otomatis.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...