Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Pengarustamaan Gender di Jateng Menarik Minat DPRD Sumut

DPRD Sumut
Gema DPRD Jawa Tengah

GEDUNG BERLIAN – Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Muhammad Yunus yang didampingi Biro Hukum dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Sumatera Utara, Senin (1/9/2022).

Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Sumatera Utara Merly Rouli Sarasih menyatakan, pihaknya bermaksud untuk mengetahui konsep pengarustamaan gender dalam pembangunan daerah di Jateng. Terlebih lagi Jateng telah memiliki Perda No 2/2022 yang telah disahkan pada April lalu.

Menanggapi hal tersebut, Yunus mengatakan, saat ini di DP3AKB sedang melakukan kegiatan pembinaan tentang pengarustamaan gender di desa-desa. Bahkan di dinas tersebut sudah ada nomenklatur perihal pengarustamaan gender dan pemberdayaan perempuan.

Selanjutnya Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi menambahkan, saat ini pihaknya memiliki program tentang kegiatan produktivitas ekonomi perempuan. Kegiatan itu ditujukan kepada perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga. Ada juga perempuan korban kekerasan, penyandang disabilitas dan lain sebagainya.

“Kami kumpulkan di salah satu desa dan saat ini ada 120 titik untuk kegiatan tersebut pada tahun ini. Sehingga ini merupakan salah satu program yang juga dikawal DPRD Provinsi Jawa Tengah, saat ini kami juga mempunyai kegiatan supaya perempuan bisa berpartisipasi dalam menyampaikan pendapatnya,” ujarnya. Dengan focus pengembangan dan pemberdayaan perempuan, Provinsi Jateng menerima Anugrah Parahita Eka Praya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

BACA JUGA  Uskup Agung Disemayamkan Di Katedral Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...