Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Perlu, Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Politik

Partisipasi Perempuan dalam Politik
Gema DPRD Jawa Tengah

SEMARANG – Basis perempuan itu merupakan basis yang paling dilirik semua parpol. Sekarang ini, partisipasi perempuan dalam politik sudah sangat baik karena sudah banyak perempuan yang menjadi pengurus parpol.

“Namun, jika perempuan tidak maju dalam pencalonan legislatif, maka perannya menjadi belum lengkap. Untuk itu, perlu ditingkatkan partisipasi perempuan dalam pencalonan legislatif,” kata Nur Sa’adah, Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng, saat memberikan sambutan dalam acara penguatan kapasitas organisasi masyarakat (ormas) DPW Perempuan Bangsa, di Hotel Noormans, Kota Semarang, Rabu (21/9/2022).

Dengan adanya peningkatan peran perempuan dalam pencalonan legislatif, maka perempuan pun ikut mendukung demokrasi. Karena, syarat dari KPU adalah 30% partisipasi perempuan dalam politik.

“Kami berharap banyak perempuan yang maju dalam pemilihan legislatif di Jateng,” harapnya, yang juga Ketua Ormas Perempuan Bangsa Jateng.

Senada, Anggota DPR RI Siti Mukaromah juga menilai perlunya peningkatan peran dan partisipasi perempuan dalam bidang politik. Dengan begitu, perempuan juga mampu menjadi tokoh penting dalam pembangunan.

“Sebut saja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang dulu berkarir politik sebagai Anggota DPR. Dia menjadi kader politik terbaik dari kaum perempuan,” tegas Siti, yang juga menjabat sebagai Ketua Ormas Perempuan Bangsa pusat.

Sebagai informasi, acara itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman bersama beberapa anggota dewan lainnya. Diantaranya Sarif Abdillah (Anggota Komisi B), Siti Rosidah (Anggota Komisi C), Abdul Hamid (Ketua Komisi E), dan Tazkiyatul Muthmainnah (Anggota Komisi E).

BACA JUGA  Pers Sebagai Pengawal Demokrasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...