Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PLTU Batang Raih Penghargaan Lifetime Literacy Warrior 2023

PLTU Batang

BATANG – PT Bhimasena Power Indonesia selaku pemilik PLTU Kabupaten Batang, Jawa Tengah, berhasil meraih penghargaan Lifetime Literacy Warrior 2023 atau “Lifetime Achievement” dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Upaya memasyarakatkan budaya membaca ini merupakan salah satu program CSR terbaik BPI dalam bidang pendidikan yang diberikan kepada masyarakat sekitar PLTU Batang. Kami juga berterima kasih kepada Perpustakaan Nasional atas penghargaan ini,” kata Senior Manager CSR BPI Bhayu Pamungkas di Batang, Selasa.

Menurutnya, pihaknya juga pernah meraih penghargaan sebelum tahun 2018 sebagai salah satu perusahaan swasta yang sangat peduli terhadap dunia literasi.



“Kami mendapat honorable mention bidang literasi dari Coca Cola Foundation Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan atas pengembangan 15 perpustakaan desa di 15 desa sekitar PLTU Batang,” ujarnya.

Upaya memasyarakatkan budaya membaca ini disebut-sebut merupakan salah satu program CSR terbaik BPI dalam bidang pendidikan yang diberikan kepada masyarakat sekitar PLTU Batang.

“Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas atas penghargaan ini,” ujarnya.

Bayu Pamungkas menjelaskan, perusahaan meyakini bahwa saat ini akses terhadap informasi dan edukasi yang baik merupakan salah satu kunci kemajuan sosial.

Atas dasar itu, kata dia, program tanggung jawab sosial perusahaan secara aktif mendukung program literasi yang bersinergi dengan program pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Sejak tahun 2016, perusahaan telah mendirikan 28 taman literasi di 28 sekolah di desa sekitar PLTU Batang melalui dukungan dana program tahunan, infrastruktur. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia, perlengkapan taman literasi seperti rak, meja, kursi dan bahan perpustakaan ,” ungkapnya.

Untuk mengembangkan budaya membaca sejak dini dan meningkatkan pengetahuan siswa sekolah TPA/TPQ, kata dia, BPI juga telah mendirikan 33 perpustakaan mini di 33 Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di 14 desa sekitar masyarakat, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. berfungsi untuk melayani siswanya hingga saat ini.

BACA JUGA  Komisi D Soroti Perkembangan KITB

Total bahan Pustaka yang telah didukung oleh perusahaan, kata dia, sebanyak 45.849 pada berbagai institusi literasi masyarakat sekitar PLTU Batang.

“Kelancaran dan kesuksesan program CSR BPI tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan stakeholder dan mitra perusahaan. Selain itu, bentuk kemitraan yang baik memungkinkan program dapat dijalankan optimal dengan melibatkan semua pemangku kepentingan,” katanya.

(JN/Antara)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...