Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Resep Onde-onde Wijen Isi Kacang Hijau, Camilan Lezat Nan Manis

Resep Onde-onde Wijen Isi Kacang Hijau

Dalam dunia kuliner, ada begitu banyak camilan yang bisa memanjakan lidah kita. Salah satunya adalah onde-onde, camilan yang memiliki tempat khusus di hati banyak orang. Bentuknya yang bulat dengan taburan biji wijen putih di permukaannya membuatnya begitu menggoda.

Onde-onde terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu onde-onde kering dan onde-onde basah. Onde-onde kering biasanya tidak memiliki isian di dalamnya, sementara onde-onde basah adalah varian yang paling terkenal karena memiliki isi yang lezat, seperti kacang hijau.

Salah satu varian yang paling populer adalah onde-onde wijen isi kacang hijau. Isian kacang hijau memberikan rasa lembut dan manis yang begitu nikmat saat digigit. Mungkin Anda pernah menemukan onde-onde ini di berbagai warung jajanan tradisional atau kaki lima. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mencoba membuatnya di rumah?

Membuat onde-onde wijen isi kacang hijau di rumah tidaklah sulit. Anda bisa mencoba resep berikut ini untuk menciptakan camilan yang lezat dan cocok untuk disajikan dalam berbagai acara atau sekadar menemani waktu santai Anda.



Resep Onde-onde Wijen Isi Kacang Hijau

Bahan-bahan:

  • 200 gram kacang hijau, rebus hingga lunak
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 200 gram tepung ketan
  • 100 ml air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Wijen putih secukupnya untuk taburan

Cara membuat:

  1. Haluskan kacang hijau yang sudah direbus hingga lembut. Anda bisa menggunakan blender atau food processor untuk mempermudah proses ini.
  2. Campurkan kacang hijau halus, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga menjadi adonan kacang hijau yang manis dan lembut. Bentuk adonan ini menjadi bulatan kecil-kecil, sekitar seukuran bola ping pong.
  3. Siapkan tepung ketan dalam wadah terpisah. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kenyal dan tidak lengket di tangan.
  4. Ambil satu bola adonan kacang hijau yang sudah dibentuk, lalu lapisi dengan adonan tepung ketan. Pastikan seluruh permukaannya tertutup rata.
  5. Gulingkan bola adonan yang sudah dilapisi tepung ketan ke dalam wijen putih hingga seluruhnya terbalut biji wijen.
  6. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng onde-onde dengan cara mengapung. Goreng onde-onde hingga berwarna kuning keemasan dan wijennya berubah menjadi cokelat keemasan.
  7. Angkat onde-onde dan tiriskan di atas kertas minyak untuk menghilangkan sisa minyak berlebih.
  8. Onde-onde wijen isi kacang hijau siap disajikan. Nikmati selagi hangat!
BACA JUGA  Resep Oseng Kacang Panjang Tempe Pedas, Bikin Nambah Terus

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...