Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Sego Congor Boyolali, Tersembunyi Tapi Selalu Diburu Pembeli

Sego Congor Boyolali

Sego Congor Boyolali merupakan salah satu kuliner dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang membuat penasaran publik karena namanya yang unik dan menggelitik.

Boyolali menawarkan beberapa kuliner legendaris yang patut dicoba, antara lain Sego Congor Tumpang Mbok Semi.

Meski tergolong kuliner legendaris, menu Sego Congor Mbok Semi Ampel Boyolali ini dijual di warung sederhana. Alamatnya di Bakalan, Desa Tanduk, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Menu makanan yang dijajakan di warung Sego Congor Mbok Semi ini antara lain nasi, koyor, congor atau cingur, serundeng dan kuah sambal tumpang.



Congor atau cingur adalah sebutan untuk bagian hidung dan mulut sapi. Congor direbus lama hingga empuk. Setelah itu, barulah congor diolah menggunakan resep andalan Mbok Semi.

Isian seporsi Sego Congor di warung Mbok Semi Boyolali cukup kenyang. Sepiring sego congor terdiri dari nasi, koyor, congor, serundeng, dan sambal tumpang di atasnya.

Foto dok. Instagram/segocongormboksemi

Selain isiannya yang menggugah selera, Sego Congor Mbok Semi menjadi istimewa karena merupakan kuliner yang cukup tersembunyi di Boyolali. Pasalnya, lokasi warung tersebut berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Boyolali dan lagi-lagi letaknya yang tersembunyi. Sehingga banyak pengunjung yang keblasuk atau salah tempat.

Warung makan Sego Congor Tumpang Boyolali ini memang berbeda dengan kebanyakan warung lainnya. Ruang makan berada di bagian dalam rumah dengan lantai bertingkat dan beralaskan tikar.

Di sebelahnya, Pawon alias dapur lengkap dengan dua tungku kayu bakar menambah kesan klasik pedesaan. Bahkan, pembeli bisa menyaksikan proses memasaknya. Dan itu dimasak dengan tungku kayu, bukan kompor. Untuk menjaga cita rasa makanan agar tetap lezat.

Kepopuleran Sego Congor Mbok Semi tidak hanya diketahui oleh masyarakat biasa saja, namun juga oleh pejabat hingga presiden. Pemiliknya mengatakan, pernah ada utusan Presiden Jokowi untuk membeli Sego Congor di warungnya.

BACA JUGA  Kulineran di Pasar Inis Purworejo, Menikmati Sajian Kuliner Tradisional di Tengah Sawah



Warung Sego Congor Mbok Semi sudah beroperasi sekitar 50 tahun. Mbok Semi berjualan sendiri tanpa ada pelayan lain. Masak, ambil pesanan makanan, buat minuman, sampai kasir dilakukannya sendiri.

Warung ini tidak memiliki jam buka yang pasti. Pemilik mengatakan jam buka dimulai saat makanan sudah siap. Biasanya buka setiap hari sekitar pukul 06.00 WIB hingga semua hidangan habis terjual.

Satu porsi Sego Congor di toko Sego Congor Mbok Semi seharga Rp 20.000 sudah termasuk kerupuk dan minuman hangat.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...