Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Sejarah Alun-alun Purwokerto dan Rekomendasi Wisata Di Sekitarnya

Sejarah Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto merupakan salah satu destinasi rekreasi yang populer serta kerap didatangi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Lokasi Alun-alun Purwokerto berada di Komplek PJKA 386-388, Jalan Jend. Sudirman, Purwokerto Lor, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sejarah Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto memiliki sejarah yang panjang dan telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Dikutip berdasarkan e-paper bertajuk Alun-alun Purwokerto: Dari Halun-Halun ke Open Space Wita Widyandini pada e-journal.unwiku.ac.id. Pada masa lalu, Alun-alun Purwokerto digunakan sebagai lokasi untuk berbagai kegiatan, termasuk pameran, pertunjukan seni, karnaval, konser musik, upacara resmi, dan kegiatan olahraga.

Lokasinya yang berada di depan kantor kabupaten, juga semakin menjadikan alun-alun Purwokerto sebagai tempat yang mencakup berbagai aspek budaya, politik, dan religius.

Alun-alun Purwokerto di renovasi pada tahun 2009. Renovasi ini membuat alun-alun lebih tinggi, menghilangkan jalan di tengahnya, dan menggabungkan dua bagian, yaitu timur dan barat.

Hal itu menyebabkan pohon Ringin Kurung yang terletak di tengah alun-alun itu hilang karena ditebang. Ringin Kurung kemudian digantikan oleh Ringin Muda yang dikunci di pagar stainless steel. Namun, saat ini pohon tersebut juga sudah tergantikan dengan pohon plastik.

Sekarang ini, Alun-alun Purwokerto sudah dihias dan diperbaiki menjadi sebuah taman yang juga memiliki air mancur dan tempat duduk. Disamping itu, panorama rumput yang luas dan adanya videotron juga memberikan nuansa kekinian pada lapangan ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Alun-alun Purwokerto

Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi di sekitar Alun-alun Purwokerto:

Taman Andhang Pangrenan

Dulunya tempat ini merupakan terminal bus Purwokerto. Lokasinya berada di Windusara, Karangklesem, Kabupaten Banyumas, di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan.

Taman ini bisa dijadikan tempat wisata sederhana untuk berfoto, mengelilingi rerumputan hijau dan bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Anda juga bisa mengunjungi Andhang Pangrenan di Alun-alun pada malam hari untuk santap kuliner malam.

The Village Purwokerto

Berlokasi di Jalan Raya Baturaden, Dusun I, Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Village Purwokerto adalah tempat wisata keluarga yang dekat dengan Alun-alun Purwokerto.

Menurut akun Instagram resminya, tempat tersebut buka setiap hari Senin hingga Minggu dan hari libur. Jam kerja adalah dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore waktu setempat.

Di sana tersedia taman umum dengan luas 2,5 hektar yang terletak di pusat Kabupaten Banyumas. Tempat ini juga menawarkan berbagai jenis fasilitas transportasi yang cocok untuk anak-anak, termasuk wahana satwa, wahana permainan air, dan wahana yang memberikan sensasi adrenalin.

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah tempat lain yang harus dikunjungi di Purwokerto yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya adalah di Jalan Patimura No.240a, Rt. No.1, Dusun II, Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan website visitjawatengah.jatengprov.go.id, lokasi museum ini berada di pinggiran barat Purwokerto. Sekitar 3 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Di museum ini menyimpan diorama, gambar-gambar perjuangan, replika benda-benda bersejarah milik Jenderal Soedirman, dan banyak hal lainnya.

Lantai atas museum terdiri dari relief tentang sejarah Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945, termasuk relief perjuangan Jenderal Soedirman. Ada juga patung panglima besar Jenderal Soedirman yang duduk di atas punggung kuda.

Menara Pandang Teratai

Menara Pandang Teratai, yang dianggap sebagai ikon baru Purwokerto, memiliki tinggi sekitar 117 meter.

Situs Menara Pandang Teratai terletak di Kalibener, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Menara ini memiliki bentuk yang unik dengan ujung atas yang menyerupai bunga teratai. Para tamu dapat memasuki dan naik ke dalam menara yang terdiri dari lima tingkat ini.

Museum Bank Rakyat Indonesia Purwokerto

Museum Bank Rakyat Indonesia terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 55 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Merujuk pada halaman Asosiasi Museum Indonesia, museum BRI telah diresmikan pada tanggal 19 Desember 1990 oleh Kamardy Arief, yang menjabat sebagai Direktur Utama pada saat itu.

Museum ini bisa dijadikan pilihan wisata edukasi dan sejarah di Alun-Alun Purwokerto. Terdiri dari dua lantai, di museum ini kita bisa melihat koleksi uang logam dari masa Majapahit hingga uang kertas dari zaman VOC di Indonesia.

Selain itu, museum BRI Purwokerto memiliki replika Gedung De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren, yang merupakan salah satu koleksi utama.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...