Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Semarang Sebagai Kota Terbaik di Indonesia Versi UI Green Metric

SEMARANG – Kota Semarang, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai kota terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian UI Green Metric. Penilaian yang dilakukan Universitas Indonesia itu mencakup enam variabel, yakni penataan ruang, tata kelola sampah/limbah, teta kelola air, penggunaan energi terbarukan, manajerial akses mobilitas, dan tata pamong/pemerintahan.

Kota Semarang berhasil menduduki peringkat pertama dengan penilaian tertinggi pada penataan ruang dan infrastruktur. Hasil pemeringkatan ini membuat Kota Semarang mengungguli kota-kota lain di Indonesia seperti Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Parepare, Kota Madiun, Kota Padang, dan Kota Kediri.

Ketua UI Green Metric, Riri Fitri Sari menjelaskan, pemeringkatan yang dilakukan pihaknya berlandaskan tiga pilar, yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial. Sementara itu bobot indikator penilaian terdiri atas penataan ruang dan infrastruktur (16 persen), energi dan perubahan iklim (19 persen), tata kelola sampah dan limbah (19 persen), tata kelola air (15 persen), akses dan mobilitas (16 persen), tatapamong/governance (15 persen).



Riri mengungkapkan, UI Green Metric tak hanya untuk meningkatkan kesadaran Kabupaten/Kota terhadap keberlanjutan, namun juga mendorong seluruh komponen masyarakat Kabupaten/Kota di Indonesia agar turut mendukung segala bentuk upaya peningkatan Kabupaten/Kota yang hijau dan berkelanjutan dengan endorsement dari pihak Kementerian.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (21/7/2022).

Wali Kota yang biasa disapa Hendi itu mengatakan bahwa alam yang sedang dinikmati hari ini bukanlah warisan, melainkan titipan yang senantiasa perlu dijaga dan dirawat untuk generasi mendetang, kata Hendi usai menerima penghargaan.

“Terima kasih atas apresiasi ini. Ini bukan akhir dari rencana kita, tapi ini adalah awal dari kegiatan pembangunan ke depannya,” katanya.

BACA JUGA  RSUD KMRT Wongso Negoro Diharapkan Jadi Rumah Sakit Percontohan di Jateng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...