Jowonews

Logo Jowonews Brown

SMP Negeri 1 Tanon Lestarikan Tradisi Berqurban

SRAGEN – Suasana khidmat menyelimuti halaman SMP Negeri 1 Tanon kala menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Semaraknya perayaan ini tak hanya dirasakan oleh para siswa, namun juga masyarakat sekitar yang turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan religi yang diadakan oleh sekolah.

Acara diawali dengan tadarus bersama, lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan dengan penuh kekhusyuhan oleh para siswa, membuka atmosfer penuh makna di pagi hari raya. Kemeriahan semakin terasa saat Ustadz Sholikhul Anwar hadir untuk memberikan tausiyah, mengupas tuntas makna dan esensi qurban dalam kehidupan umat Islam.

“Momen Idul Adha ini menjadi waktu yang tepat untuk melatih para siswa dalam berqurban,” ungkap Kepala Sekolah, Ngadiyono, S. Si, M. Pd. Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa qurban bukan hanya tentang menyembelih hewan, tetapi juga tentang keimanan, berbagi, dan mensucikan harta.

Semangat berbagi terwujud nyata dalam kegiatan qurban di SMP Negeri 1 Tanon. Dana qurban yang terkumpul dari sumbangan para siswa diwujudkan menjadi hewan kurban yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” terang Triyanto, S. Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Bagi Sholikhul Anwar, salah satu penerima hewan qurban, rasa syukur terpancar di wajahnya. “Semoga kegiatan qurban ini setiap tahunnya membawa berkah dan manfaat bagi semua pihak,” ucapnya penuh harap.

Lebih dari sekadar perayaan, momen Idul Adha di SMP Negeri 1 Tanon menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi, menanamkan nilai-nilai keislaman, dan memupuk rasa kebersamaan di kalangan siswa. Semangat berbagi dan kepedulian yang terpancar dari kegiatan ini diharapkan dapat terus menginspirasi dan menjadi tradisi tahunan yang penuh makna.

BACA JUGA  Sragen Raih Predikat Kota Layak Anak Tingkat Nindya Tahun 2022

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...