Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Tengkleng Solo, Kuliner Lezat Dari Tulang Kambing Yang Lahir Pada Masa Penjajahan

Tengkleng Solo Mbak Diah

Tengkleng Solo merupakan makanan khas Surakarta dan sekitarnya. Kuliner ini terbuat dari olahan dari tulang kambing dengan kuah bumbu kuning yang nikmat. Hidangan tradisional ini menjadi favorit para pecinta kuliner ketika berkunjung ke Surakarta.

Sejarah Masakan Tengkleng Solo

Penulis buku Keplek Ilat: Sejarah wisata kuliner Solo, Heri Priyatmoko mengungkap perjalanan sejarah tengkleng sebagai salah satu menu makanan favorit Tanah Air. Hidangan ini lahir dari kreasi Solo pada masa pendudukan Jepang.

Saat itu, masyarakat Solo sedang dalam kesulitan. Penemuan tengkleng merupakan hasil kreativitas di tengah situasi yang sangat pelik, yaitu pada masa [kolonial] Jepang. Saat kondisi masih sulit, masyarakat Solo menemukan tengkleng.

Dalam perkembangannya, tengkleng tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat kelas bawah tetapi juga kalangan bangsawan. Fenomena ini menunjukkan bahwa tengkleng dapat menunjukkan identitas dan harga diri yang tinggi dalam kategori kuliner.



Selain diolah dari tulang-tulang yang sudah diambil dagingnya, tengleng juga dibuat dari organ hewan yang seringkali tidak digunakan atau tidak begitu diminati. Namun dengan cara pengolahan yang inovatif dan bumbu yang khas, jadilah menu tengkleng yang lezat ini.

Nama Tengkleng Solo sendiri juga ada asal usulnya. Pada masa lalu piring yang digunakan orang miskin saat itu kebanyakan terbuat dari gembreng atau seng. Sehingga ketika tulang-tulang kambing itu dimakan di atas piring akan menimbulkan bunyi kleng-kleng-kleng. Oleh sebab itu, masakan yang lahir dari buah kesengsaraan rakyat ini oleh masyarakat disebut tengkleng.

Jika Anda penggemar tengkleng, Anda pasti paham bahwa kenikmatan utama dari sajian ini adalah menyeruput kuah gulai di antara tulang kambing. Jika beruntung, Anda akan menemukan daging, otot, sumsum, dan lemak yang masih menempel di tulang.

BACA JUGA  Gemblong Cotot Salatiga, Gurih dan Isiannya Meleleh Dari Dalam

Meski hanya tinggal tulang dan usus, proses memasak tengkleng memakan waktu yang sama seperti saat memasak gulai. Bahan-bahan tersebut direbus terus menerus sampai ekstrak tulang keluar. Semakin lama direbus, semakin enak tengklengnya. Kamu tidak akan mencium bau amis karena rempah-rempah ini terdiri jahe, kunyit, serai, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, daun salam, cengkeh, bawang merah, bawang putih, kemiri, pala dan kelapa.

Warung Tengkleng Solo Paling Populer

Jika Anda berknjunt ke Solo, ada baiknya untuk mencicipi kuliner kuah yang satu ini. Ada banyak warung tengkleng di Solo, jika Anda masih belum tahu mau ke mana, berikut 7 rekomendasi toko tengkleng di Solo yang bisa Anda kunjungi:



Tengkleng Kambing Bu Pon
Tengkleng Bu Pon Solo
Tengkleng Bu Pon Solo

Tengkleng Kambing Bu Pon berlokasi di Shelter Lojiwetan, Jalan Kaptem Mulyadi, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.30 WIB.

Lokasi: Shelter Lojiwetan, Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Tengkleng Klewer Bu Edi
Tengkleng Bu Edi Klewer

Tengkleng Klewer Bu Edi berlokasi di Pasar Klewer Solo, Jalan Dr. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka setiap hari mulai pukul 11.30-15.30 WIB.

Terdapat beragam menu tengkleng yang ditawarkan, seperti tulang kambing, lidah, pipi, kaki, dan otak.

Lokasi: Pasar Klewer, Gajahan, Jl. DR. Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Tengkleng Mba Diah
Tengkleng Solo Mbak Diah
Tengkleng Solo Mbak Diah

Tengkleng Mba Diah berlokasi di Tanjunganom, Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Terdapat beragam menu tengkleng seperti tengkleng kuah, tengkleng gongso, dan tengkleng goreng. Jika kamu datang bersama teman ataupun keluarga, kamu bisa memesan tengkleng spesial. Porsi ini lebih besar dan cocok disantap ramai-ramai.

BACA JUGA  Soto Garing Klaten, Meski Tanpa Kuah Tak Kalah Lezatnya

Tengkleng Mba Diah buka setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

Lokasi: Desa Tanjunganom RT.002 / RW.001, Kwarasan, Grogol, Tj. Ongih, Kwarasan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir
Tengkleng Bu Jito Dlidir

Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir berlokasi di Jalan Kolonel Sugiyono, Nomor 67, Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Terdapat berbagai menu tengkleng, salah satu menu favorit yaitu rica-rica tengkleng.

Di sini kamu juga bisa mengatur tingkat kepedasan tengkleng yakni pedas, sedang, dan super pedas.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah



Tengkleng Rica Pak Manto
Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng Rica Pak Manto berlokasi di Jalan Honggowongso Nomor 36, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Menu tengkleng paling terkenal di sini yaitu Tengkleng Rica-rica dan Tengkleng Segar. Ukuran tengkleng yang disajikan besar dan rasanya enak.

Tengkleng Rica Pak Manto buka setiap hari pukul 07.30-20.00 WIB.

Lokasi: Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...