Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tradisi Momongi Tampah, Tradisi Menanam Bambu di Wonosobo

Tradisi Momongi Tampah

WONOSOBO – Tradisi Momongi Tampah merupakan salah satu tradisi unik di Desa Warangan, Kecamatan Kepil, Wonosobo. Dalam perayaan tradisi ini, warga desa berkumpul untuk menanam bambu dan berbagi hidangan sebagai ungkapan rasa syukur.

Tradisi ini dimulai dengan prosesi kirab dari Balai Desa Warangan menuju hutan perhutani yang terletak sekitar 1 kilometer dari pemukiman desa. Mengenakan pakaian adat, warga desa secara bersama-sama membawa bibit bambu yang akan ditanam.

Sebelum menanam, bibit bambu ini diritualkan dengan penyiraman menggunakan air yang diambil dari berbagai mata air alami di sekitar Desa Warangan. Selain itu, puluhan warga juga membawa 60 sajian tumpeng untuk dinikmati bersama di area hutan perhutani.

Kepala Desa Warangan, Mustofa, menjelaskan bahwa tradisi ini merupakan ekspresi rasa syukur warga, terutama mengingat bahwa 90 persen dari penduduk lokal adalah perajin bambu.



“Di Warangan, 90 persen penduduk adalah perajin tampah yang terbuat dari bambu. Bambu adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan di sini,” kata Mustofa setelah acara di lahan hutan perhutani Desa Warangan pada Sabtu, (7/10/2023).

Tradisi ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk kembali menanam bambu, yang merupakan bahan utama pembuatan tampah, alat tradisional untuk menyajikan makanan. Saat ini, produk tampah dari Desa Warangan telah mendapat pengakuan dan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kami tidak hanya menebang bambu untuk membuat tampah, tetapi juga menanamnya kembali. Saat ini, produk tampah dari Desa Warangan telah dikenal hingga ke berbagai wilayah di Indonesia,” tambahnya.

Melalui tradisi Momongi Tampah ini, kepala Desa Warangan berharap akan terjadi peningkatan produktivitas pertanian, khususnya bambu. Aspirasinya adalah tradisi ini akan membawa berkah bagi hasil pertanian lokal di Desa Warangan, memperkuat ikatan antara masyarakat dan lingkungan mereka, serta melestarikan budaya lokal mereka.

Foto Dok. Detik

BACA JUGA  Rabu Wekasan, Tradisi Bulan Safar Untuk Tolak Bala

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...