Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Wisata Sejuk di Umbul Nogo, Sebuah Permata Tersembunyi Wonogiri

Umbul Nogo Wonogiri

Selain Waduk Gajah Mungkur (WGM), Wonogiri juga menyimpan pesona wisata air yang layak untuk dijelajahi, yaitu Umbul Nogo. Objek wisata yang terletak di Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, ini menawarkan pengalaman seru dengan harga terjangkau dan beragam wahana menarik.

Perjalanan dari pusat Kota Wonogiri ke Umbul Nogo membutuhkan waktu sekitar 38 menit dengan jarak sekitar 25 kilometer. Meskipun cuaca panas sering menguasai daerah ini di siang hari, pengunjung tetap dapat menikmati kesejukan di Umbul Nogo, yang dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Saat pertama kali tiba di sana, mata akan dimanjakan oleh pemandangan persawahan yang indah. Tidak hanya itu, dalam kawasan Umbul Nogo terdapat dua kolam yang berisi ikan berukuran mulai dari kecil hingga besar. Untuk yang ingin berinteraksi dengan ikan-ikan tersebut, Anda dapat membeli pakan ikan dan memberikannya ke kolam. Selain itu, tersedia kolam khusus untuk terapi ikan yang menawarkan pengalaman yang unik.

Menurut Sekretaris Desa Karanglor, Saryanto, Umbul Nogo memiliki dua kawasan, yaitu kawasan bawah dan kawasan atas. Di kawasan bawah terdapat kolam ikan, kolam keceh, fasilitas terapi ikan, dan kolam renang. Sementara di kawasan atas terdapat sumber air, taman, wahana permainan anak-anak, dan kebun durian.



Sumber mata air Umbul Nogo memiliki banyak manfaat, termasuk penggunaannya untuk pembibitan ikan, pengisian kolam renang, dan pasokan air untuk PDAM kabupaten. Selain itu, mata air ini juga menjalankan peran penting dalam mengairi irigasi seluas sekitar 25 hektare dan memenuhi kebutuhan air sekitar 1.000 kepala keluarga.

Umbul Nogo juga memiliki nilai sejarah yang erat kaitannya dengan Kerajaan Mataram Kuno dan Puro Mangkunegaran. Dulu, seluas 1,4 hektare kawasan Umbul Nogo dimiliki oleh Mangkunegaran, tetapi saat ini menjadi aset desa. Oleh karena itu, pengelolaan Umbul Nogo dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

BACA JUGA  Warung Duwur Blora, Keindahan Pemandangan Dari Bentangan Alam

Harga tiket masuk Umbul Nogo sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang, dan berlaku sepanjang hari, termasuk hari libur. Tempat ini menjadi lebih ramai saat akhir pekan dan libur besar, sementara pada hari biasa, seringkali dikunjungi oleh anak-anak sekolah bersama guru mereka.

Selain menjadi destinasi wisata alam yang menarik, Umbul Nogo juga memiliki makna religius bagi sebagian orang. Banyak pengunjung datang ke sini untuk menyampaikan permohonan khusus kepada Tuhan. Biasanya, kunjungan wisata religi terjadi pada malam hari, terutama pada malam Jumat.



Tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk berdoa atau meminta petunjuk terletak di kawasan bawah Umbul Nogo, dekat dengan sumber air utama atau kolam ikan. Pengunjung yang datang untuk wisata religi berasal dari berbagai daerah, mulai dari lokal Wonogiri hingga Jakarta, dan sebagian besar di antaranya berasal dari Yogyakarta. Umbul Nogo juga tak jarang dikunjungi oleh beberapa pejabat yang ingin merenung dan mencari ketenangan di tempat yang penuh makna ini.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...