Jowonews

Logo Jowonews Brown

1.085 Calon Haji Asal Banyumas Sudah Lunasi BPIH Tahap Satu

PURWOKERTO, Jowonews.com — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menginformasikan bahwa ada sebanyak 1.085 calon haji asal wilayah setempat yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap satu.

“Menurut laporan yang kami terima total yang melunasi tahap satu 1.085 orang,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Kamis.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa pada tanggal 30 April mendatang akan dibuka pelunasan BPIH tahap kedua.

Pelunasan BPIH tahap kedua, kata dia, bisa dilakukan setiap hari kerja mulai tanggal 30 April hingga 10 Mei 2019.

“Tahap kedua diperuntukkan bagi calon haji yang masuk tahap pertama namun saat pelunasan mengalami kegagalan sistem,” katanya.

Selain itu juga diperuntukkan untuk calon haji yang nomor porsinya telah masuk alokasi kuota tahun 2019 yang sudah berstatus haji.

Selain itu, calon haji yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua atau calon haji yang belum berstatus istithaah dan pada tahap kedua ditetapkan telah memenuhi istithaah kesehatan.

“Selain itu calon haji sebagai pendamping bagi lansia dan penggabungan suami atau istri dan anak kandung terpisah, yang telah melunasi tahap pertama atau bukan cadangan dengan ketentuan terdaftar sebelum 1 Januari 2017 dan masih memiliki hubungan keluarga.

Untuk itu bagi mereka yang berhak melunasi BPIH tahap kedua, kata dia, agar bersiap-siap melakukan pembayaran sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dia juga menambahkan besaran BPIH Kabupaten Banyumas sesuai besaran per embarkasi adalah Rp36.429.275. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Cabup Sleman: Petani Perlu Bentuk Kelompok Untuk Akses Bantuan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...