Jowonews

Logo Jowonews Brown

1.200 Anggota Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas Ikut Dalam Kegiatan Pospam KBL

PURWOKERTO, Jowonews.com – Sebanyak 1.200 anggota Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas, Jawa Tengah, terlibat dalam kegiatan Pos Pengamanan Karya Bakti Lebaran (Pospam KBL) 2019, kata Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Candra.

“Mereka yang terdiri atas Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, hingga Pembina, bertugas secara sukarela dan bergantian di Pospam KBL sejak 29 Mei 2019,” kata Heriana Ady Candra di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Dalam hal ini, kata dia, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas mendirikan 17 Pospam KBL 2019 yang tersebar di berbagai wilayah Banyumas terutama yang dilewati jalur mudik.

Ia mengatakan selain kegiatan rutin berupa membantu pengaturan arus lalu lintas, anggota Pramuka Peduli juga membantu warga yang hendak menyeberang jalan di pusat perbelanjaan maupun pusat keramaian.

“Mereka juga sigap membantu memberi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas. Mereka juga wajib memberikan laporan berkala setiap pagi dan sore serta laporan insidental kejadian luar biasa. Laporan tersebut disampaikan ke Posko Induk KBL 2019 di Sekretariat Kwarcab Banyumas,” katanya.

Lebih lanjut, Ady mengatakan berdasarkan laporan yang diterima Posko Induk KBL 2019, sedikitnya ada delapan kejadian kecelakaan lalu lintas yang penanganannya dibantu oleh personel Pospam KBL 2019.

Menurut dia, dari delapan kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut tersebar di Sumpiuh dan Lumbir masing-masing sebanyak tiga kejadian serta Kebasen dan Ajibarang masing-masing satu kejadian.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kesigapan personel Pospam KBL 2019 dalam melakukan pertolongan terhadap kejadian kecelakaan dan musibah. Kepada pemudik yang merasa mengantuk, lelah, dan sakit, kami mengimbau agar beristirahat di ‘rest area’ yang digelar berbagai instansi maupun ormas di sepanjang jalur mudik, sehingga perjalanannya akan selamat sampai tujuan,” katanya.  (jwn5/ant)

BACA JUGA  Banyumas Pastikan Tak Ada ASN yang Bolos Pascalibur Lebaran

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...