Jowonews

Logo Jowonews Brown

100 Pengusaha Arab Saudi akan Hadiri Trade Expo Indonesia

JAKARTA, Jowonews.com – Minat para pengusaha Arab Saudi untuk berbisnis dengan pengusaha Indonesia sangat tinggi yang dibuktikan dengan besarnya jumlah delegasi yang telah mendaftar untuk menghadiri Trade Expo Indonesia 2017.

Keterangan yang diperoleh di Jakarta, Rabu (4/10), dari KJRI Jeddah menyebutkan hingga Selasa pagi (3/10) sebanyak 93 grup bisnis mendaftar melalui perwakilan RI itu dan masih banyak grup bisnis yang menyampaikan minatnya untuk hadir.

“Kami prediksi tahun ini Insya Allah angkanya akan menembus 100,” kata Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah,Agus Muktamar.

Menurut Agus Muktamar, besarnya minat para pengusaha Arab saudi tidak lepas dari gencarnya upaya Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah dalam mempromosikan ajang pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Sejak Juli 2017, tim KJRI melakukan bebagai pertemuan ke seluruh kantor dagang di wilayah akreditasi Jeddah, mulai dari Mekkah, Madinah, Al Baha, Yanbu hingga Tabuk.

Selain itu, KJRI Jeddah juga memanfaatkan jaringan media dengan mengiklankan TEI ke-32 pada harian lokal baik pada edisi spesial HUT RI ke-72 maupun dua kesempatan setelah itu. Momen haji juga dimanfaatkan oleh KJRI untuk mempromosikan TEI 2017 dengan media reklame pada 12 bus transportasi jamaah haji Indonesia dengan tak lupa pula mencantumkan tag pariwisata “Wonderful Indonesia”.

Berbicara mengenai produk-produk Indonesia yang diminati oleh para pengusaha Arab Saudi, Direktur Kantor Promosi Dagang Indonesia sekaligus Konsul Dagang KJRI Jeddah, Dr Gunawan menyampaikan minat para pengusaha Arab Saudi beragam mulai dari produk makanan olahan, perikanan hingga olahan kayu dan otomotif.

“Tahun ini empat produsen makanan Indonesia digaet mitra-mitra lokal Saudi untuk masuk pasar Arab Saudi, tahun lalu pengusaha ban asal Indonesia mengikat transaksi besar. Pengusaha-pengusaha Arab Saudi mulai serius melirik Indonesia untuk mendatangkan produknya ke sini,” kata dia.

Gunawan mengatakan para pengusaha Arab Saudi telah menunggu ajang TEI.

Pernyataan Gunawan tersebut dibenarkan oleh Mohammad al-Ghamdi, pengusaha dari grup bisnis lima besar di Saudi, grup Bin Mahfoudz.

“Ini acara yang sangat kami tunggu-tunggu setiap tahun untuk mendapatkan ide-ide bisnis baru yang bisa kami bawa ke Arab Saudi”.

Konsul Jenderal RI Jeddah dan Tim Ekonomi Perdagangan sangat serius dalam mempersiapkan delegasi pengusaha dari Arab Saudi.

“KJRI Jeddah mempunyai komitmen yang tinggi dalam menyukseskan Trade Expo Indonesia dan KJRI Jeddah selalu siap membantu dan memfasilitasi para pengusaha setempat,” ujar Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...