Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jateng Butuh 5.220 PNS Baru

SEMARANG,Jowonews.com –Sebanyak 1.780 pegawai negeri sipil (PNS) di Jawa Tengah akan diberhentikan dengan hormat. Dari jumlah itu, 105 PNS diberhentikan per Februari-Maret mendatang. Rinciannya, 13 PNS Golongan IV, 66 PNS Golongan III, dan 22 PNS Golongan II.

“Rata-rata, mereka akan mendapatkan Rp 59 juta per orang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Indriani, Senin (25/1).

Pemberhentian PNS ini sebenarnya membuat Analisa Beban Kerja (ABK) yang sudah dituangkan Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) makin bertambah. Sebab, tahun ini, kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jateng mencapai 21.490. Sementara hingga Desember kemarin, tercatat baru ada ada sebanyak 16.270 PNS.

“Artinya, Jateng butuh butuh tambahan 5.220 PNS untuk memenuhi kuota ABK,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpesan kepada para penisunan untuk menyiapkan mental. Sebab, masa pensiun dapat menyebabkan post power syndrome. Syndrome ini bisa jadi salah satu penyebab depresi.

“Merasa dulu merupakan orang penting yang sibuk dan dilayani, sekarang ketika pensiun, terjadi sesuatu yang kontras. Aktivitasnya pun berkurang drastis,” paparnya. (JN01/JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...