Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemerintah Target Dirikan 1000 Koperasi Berbadan Hukum

SOLO, Jowonews.com – Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2016 menargetkan mendirikan sebanyak 1.000 koperasi berbadan hukum, dalam rangka menggalakkan perekonomian kerakyatan di Tanah Air.

“Dalam tahun 2015 kami berhasil mendirikan 536 koperasi berbadan hukum yang tersebar di berbagai pelosok di Tanah Air dan tahun ini kami menargetkan mendirikan 1.000 koperasi berbadan hukum,” kata Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari di sela-sela acara sosialisasi penyuluhan perkoperasian di Kabupaten Sukoharjo, Selasa.

Ia mengatakan untuk pendiriaan koperasi berbadan hukum tahun 2015 pihaknya bekerja sama dengan Ikatan Notaris Indonesia dengan biaya setiap koperasi sebesar Rp2,5 juta dan dibiaya oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Dikatakan untuk tahun 2016 biaya pendirian koperasi untuk membayar akta notaris juga dibayar oleh Kementerian Koperasi dan UKM. “Jadi untuk pendirian koperasi ini aktanya gratis yang bayar Kementerian Koperasi dan UKM,” katanya.

Pendirian sebanyak 1.000 koperasi berbadan hukum ini juga akan dilakukan kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan instansi lainnya. “Sasaran utama kami nanti untuk para nelayan dan masyarakat yang tinggal daerah pantai dalam pembentukan koperasi ini,” katanya.

Ia mengatakan dipilihnya daerah tersebut menjadi sasaran pendirian koperasi, karena daerah tersebut memang perlu dibantu agar bisa lebih memudahkan dan meningkatkan kesejahteraannya melalui unit-unit usaha yang bergabung dalam koperasi.

Menyinggung mengenai jenis koperasi, Choirul mengatakan ada berbagai macam usaha, baik itu simpan pinjam, serba usaha, bahkan untuk kelompok tani yang ada di desa-desa itu nantinya juga diikutkan untuk membuat koperasi.

“Kalau kelompok tani bisa mendirikan koperasi sendiri, ini akan sangat membantu dalam melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Melalui ini berarti kelompok tani telah mempunyai payung hukum dan memudahkan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga,” katanya.

BACA JUGA  Kesiapan Koperasi Menghadapi MEA

Ia mengatakan selain dibantu dalam mendirikan koperasi dari pihak Kementerian Koperasi dan UKM juga akan memberikan bantuan pelatihan kepada para pendamping koperasi yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

Dikatakan melalui pelatihan bagi para pendamping koperasi tersebut, diharapkan nantinya bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi para pengurus koperasi. “Bagi para pendamping yang sudah ikut pelatihan bisa menularkan ilmunya kepada para pengurus koperasi yang dibina itu,” katanya. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...