Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

2.000 Difabel Terdaftar Sebagai Pemilih Pilkada Pati

PATI, Jowonews.com – Sebanyak 2.00 difabel di Pati dipastikan terdaftar sebagai pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah Pati 2017. Total pemilih sendiri dalam DPS sebanyak 1.050.081 pemilih.

“Ribuan penyandang disabilitas tersebut tetap memiliki hak yang sama untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2017,” kata Anggota KPU Demak Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Ahmad Jukari di Pati, Selasa (8/11).

Para penyandang difabel tersebut, kata dia, sebagian ada yang mengalami tuna netra, tuna daksa, tuna rungu/wicara, serta tuna grahita Jumlah terbanyak, kata dia, mengalami tuna netra yang tercatat 764 orang. Data tersebut merupakan hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Hasil kerja PPDP, kata dia, ditindaklanjuti dengan penetapan DPS pada 31 Oktober 2016.

Ia mengimbau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang di daerahnya terdapat pemilih dengan berkebutuhan khusus, agar diberikan akses yang memudahkan mereka dalam menggunakan hak pilihnya. “Setidaknya, hak konstitusi para pemilih disabilitas bisa dilayani seperti halnya pemilih lain yang tidak memiliki permasalahan dengan kondisi fisiknya,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang belum tercatat di DPS, dia mempersilakan untuk melaporkannya ke KPU atau Panitia Pemungutan Suara (PPS). Saat ini, lanjut dia, masih pada tahap pengumuman DPS, sedangkan tanggapan masyarakat dijadwalkan 10-19 November 2016.

Tahap berikutnya, yakni rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat desa/kelurahan dan penyampaiannya beserta DPS hasil perbaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pada 28-29 November 2016, katanya, merupakan agenda rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kecamatan dan penyampaiannya kepada KPU Pati. “Untuk penetapan DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT) dijadwalkan 30 November hingga 6 Desember 2016,” ujarnya.

Jumlah DPS yang ditetapkan sebelumnya 1.050.081 pemilih, meliputi pemilih laki-laki 515.803 pemilih dan perempuan 534.278 pemilih. Para pemilih masuk dalam DPS tersebut tersebar di 21 kecamatan, jumlah pemilih paling banyak terdapat di Kecamatan Juwana sebanyak 71.677 pemilih yang tersebar di 29 desa, disusul Kecamatan Sukolilo sebanyak 71.231 pemilih yang tersebar di 16 desa. Jumlah TPS di Pati sebanyak 2.295 TPS yang tersebar di 406 desa di 21 kecamatan. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...