Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Purbalingga Lanjutkan Rencanan Bangun Goa Lawa

PURBALINGGA, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, tahun 2016 melanjutkan rencana pengembangan objek wisata Goa Lawa di Desa Siwarak, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Prayitno.

“Tahun ini DED (Detailed Engineering Design) tematiknya disiapkan untuk penataan interior Gua Lawa. Kalau tahun lalu, DED untuk pintu masuk bagian depan dan sekitar Gua Lawa,” katanya di Purbalingga, Kamis.

Bahkan saat ini, kata dia, sedang dilakukan persiapan lelang proyek pengembangan Gua Lawa.

Menurut dia, pencahayaan di dalam Gua Lawa nantinya akan ditata seperti gua-gua di Tiongkok.

Dengan adaya pengembangan tersebut, lanjut dia, pendapatan Gua Lawa diharapkan dapat meningkatkan pendapatan menjadi lebih dari Rp1 miliar per tahun.

“Saat ini, pendapatan Gua Lawa rata-rata Rp650 juta sehingga dengan adanya pengembangan tersebut diharapkan bisa lebih dari Rp1 miliar per tahun,” jelasnya.

Kendati belum ada keputusan, dia mengatakan bahwa berdasarkan perencanaan, pengelolaan Gua Lawa akan diserahkan kepada pihak ketiga dengan membentuk lembaga pengelola objek wisata semacam Perusahaan Daerah Owabong Purbalingga.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Purbalingga Tasdi mengharapkan hasil studi banding ke sejumlah gua di China pada tahun 2014 dapat diimplementasikan dalam pengembangan Gua Lawa.

“Dengan demikian, Gua Lawa bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan setelah Owabong dan pendapatannya meningkat, paling tidak mencapai Rp1 miliar per tahun,” katanya. (JN03/Ant)

BACA JUGA  Tiga Jamaah Haji Purbalingga Wafat

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...