Jowonews

Logo Jowonews Brown

BPPT Sukses Bikin Green Petrolium Pengganti BBM

JAKARTA, Jowonews.com – Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri Kimia Badan Pengkajian dan Penetapan Teknologi (BPPT) mengembangkan green petroleum yang bisa menjadi pengganti bahan bakar minyak (BBM) dari fosil.

“Green petroleum ini 80 hingga 100 persen bisa gantikan BBM, karena struktur kimianya mirip. Mirip loh ya, bukan sama,” kata Direktur Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri Kimia BPPT Adiarso kepada Antara di Jakarta, Rabu (20/4).

“Dari sisi fungsi memang berbeda, kalau biofuel yakni biodiesel atau bioethanol itu cuma bisa 20 persen kalau ini (green petroleum) bisa gantikan 100 persen,” jelasnya tentang green petroleum, yang dikembangkan dari biomassa berbahan limbah sawit.

Saat ini BPPT baru mengembangkan green petroleum di laboratorium bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Ia menambahkan bahwa paling tidak masih butuh waktu dua hingga tiga tahun untuk membuat bahan bakar alternatif itu di pabrik percontohan.

“Pengkajian hingga penerapan teknologi ini sejak awal hingga akhir bisa saja memakan waktu lima hingga 10 tahun. Dan untuk bisa membuat sebuah pilot plant minimal dibutuhkan dana Rp5 miliar,” tambahnya. (JN19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...