Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

39 Penderita HIV/AIDS, 16 Meninggal

KENDAL, Jowonews.com – Jumlah penderita HIV/AIDS di Kendal cukup banyak. Dari 39 penderita penyakit mematikan itu, 16 diantaranya meninggal dunia. Data tersebut berdasarkan sebaran kumulatif per Mei 2016.

Kasi Monitor dan Evaluasi pada Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kendal, Mufdi Yukanto mengatakan sepanjang 2000 hingga 2016 ini sudah tercatat 577 penderita HIV/AIDS meninggal.

“Hingga Mei, di Kabupaten Kendal sudah ada 16 orang yang meninggal akibat HIV/AIDS,” ujar Mufdi.

Untuk sebaran umur jumlah kasus HIV/AIDS terbesar ada di kisaran 25 hingga 49 tahun dengan jumlah mencapai 327, dalam jangka waktu sejak tahun 2010 sampai 2016. Sedangkan berdasarkan profesi mereka, rata-rata berasal dari PSK, ibu rumah tangga, dan wiraswasta.

Pengelola Program KPA Kabupaten Kendal, Dwi Fatma Rosdiana menambahkan, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) lebih memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap pemeriksaan kesehatan dari kalangan perempuan, dibandingkan dengan laki-laki. Dari kalangan perempuan justru punya kesadaran cukup tinggi untuk memeriksakan diri.

“Kalau yang laki-laki agak sulit,” tuturnya.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan terobosan dengan membentuk Warga Peduli AIDS (WPA) atau Kelompok Dukungan Sebaya (KDS). Kegiatan yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kendal (DKK) ini untuk menjaga dan memantau keberadaan ODHA. (JN09/jn03)

BACA JUGA  Kerja Sama Indonesia-Inggris Danai Penelitian Penyakit Menular

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...