Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Cilacap Sortir Surat Suara Pilkada

CILACAP, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, akan segera menyortir surat suara pemilihan kepala daerah setempat, kata Komisioner KPU Cilacap Ahmad Kholil.

“Kebetulan hari ini saya sedang mengambil logistik berupa surat suara dari percetakan di Bekasi dan siap dikirim ke KPU Cilacap. Diperkirakan tiba di KPU Cilacap pada Sabtu (21/1) pagi,” katanya saat dihubungi melalui saluran telepon dari Cilacap, Jumat.

Menurut dia, surat suara sebanyak 1,5 juta lembar itu akan disortir dan dilipat di Aula KPU Cilacap mulai hari Senin (23/1) dengan melibatkan warga sekitar.

Selain surat suara, kata dia, sejumlah logistik pilkada lainnya seperti formulir, sampul, hologram, dan tinta juga akan segera diterima KPU Cilacap.

“Pengadaan logistik tidak terpusat di satu tempat sesuai dengan pemenang lelang, misalnya tinta, segel, dan hologram di Jakarta serta formulir di Klaten,” katanya.

Disinggung mengenai pantauan terhadap warga yang dicoret dari daftar pemilih tetap karena belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, Kholil mengatakan hingga saat ini jumlahnya cenderung berkurang.

Menurut dia, hal itu disebabkan banyak warga yang melakukan rekam data KTP elektronik agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Cilacap, 15 Februari 2017.

“Sebenarnya saya sudah punya datanya, namun belum direkap. Diperkirakan sudah hampir 5.000 orang,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan waktu pencoblosan bagi pemilih yang baru melakukan perekaman data KTP elektronik atau telah memiliki KTP elektronik pascapenetapan DPT akan diberikan menjelang berakhirnya batas akhir pemungutan suara, yakni sekitar pukul 12.00-13.00 WIB.

Menurut dia, pemilih tersebut harus menunjukkan KTP elektroniknya atau surat keterangan perekaman data kepada petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS).

KPU Cilacap pada tanggal 6 Desember 2016 menetapkan DPT Pilkada Cilacap Tahun 2017 sebanyak 1.466.869 nama yang tersebar di 3.217 tempat pemungutan suara, 284 desa/kelurahan, dan 24 kecamatan.

Selain itu, KPU Cilacap mencoret 13.665 nama karena belum memiliki atau melakukan perekaman data KTP elektronik.

Pilkada Cilacap yang menjadi bagian Pilkada Serentak 15 Februari 2017 diikuti tiga pasangan calon, yakni Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky yang diusung PDIP dan PPP, Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul yang diusung Partai Gokar, Demokrat, PAN, dan PKB, serta Fran Lukman-Bambang Sutanto yang diusung Gerindra dan PKS. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...