Jowonews

Logo Jowonews Brown

4 Pasien Tewas Akibat kebakaran RS Mintoharjo

JAKARTA, Jowonews.com – Empat pasien di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, tewas akibat kebakaran di ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT), Senin siang.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal), Laksma M Zainudin, ketika dikonmasi di Jakarta, Senin, membenarkan adanya insiden tersebut.

“Kebakaran, bukan ledakan. Itu kejadian dalam tabung chamber. Untuk pengobatan kesehatan,” ujar Kadispenal.

Ruang tersebut, lanjut Zainudin, diisi empat pasien, sehingga menyebabkan keempat pasien tersebut tewas. Empat pasien yang meninggal, yakni mantan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira (65), Edi Suwandi (67), Dima (28) dan Sulistyo (54), yang merupakan anggota DPD RI.

Kadispenal pun menjelaskan bahwa pada pukul 13.00 WIB telah terjadi kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo yg diakibatkan korsleting listrik sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yang ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan.

Peristiwa itu bermula ketika ada kegiatan terapi dengan menggunakan oksigen pada pukul 11.30 WIB dengan tekanan 2,4 atmosfir.

Kemudian sekitar pukul 13.00 WIB, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfir, pada pukul 13.10 terlihat percikan api di dalam chamber.

“Operator dengan cepat membuka ‘system fire’ tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga ‘safety valve’ terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan,” katanya.

Pada pukul 14.00 WIB, korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo. Untuk petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung dievakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap.

BACA JUGA  SBY Datangi Rumah Duka Sulistyo

Meski demikian, Zainudin memastikan, Pomal tengah bekerja sama dengan Puslabfor Polri untuk mencari tahu penyebab kebakaran. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...