Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Aktivitas Lelang di Pekalongan Sepi

PEKALONGAN, Jowonews.com – Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sepi karena kondisi cuaca di perairan Laut Jawa masih terjadi ombak besar.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Sugiyo, di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa saat ini, para nelayan kapal kecil memilih tidak melaut karena arus gelombang laut masih cukup tinggi.

“Hari ini (Senin, red.), aktivitas lelang ikan lumpuh karena tidak ada satu pun kapal yang membongkar hasil tangkapan ikan,” katanya.

Sepinya aktivitas lelang ikan di TPI, kata dia, juga dipengaruhi banyak kapal berbobot di tas 30 grosstone sedang berlayar.

Menurut dia, aktivitas lelang ikan sudah mulai relatif sepi sejak sepekan terakhir ini akibat kondisi cuaca perairan Laut Jawa terjadi anging kencang dan gelombang tinggi.

“Hal ini, dibuktikan produksi lelang ikan pada Minggu (29/1) hanya mencapai 283 kilogram ikan atau senilai Rp6.095.000. Adapun pada Senin ini, sama sekali tidak ada aktivitas lelang ikan,” katanya.

Ia mengatakan aktivitas lelang ikan akan mulai pada Selasa (31/1) seiring adanya satu kapal jenis purse saine yang sudah berlabuh di pelabuhan untuk membongkar hasil tangkapan ikan.

“Hari ini, ada satu kapal berbobot di atas 30 GT yang sudah berlabuh di pelabuhan sehingga hasil tangkapan ikan akan dibongkar besok paginya,” katanya.

Ia menambahkan bagi para nelayan kapal kecil jenis “Arek-Arek” dan “Grandong”, mereka memilih memperbaiki jaring yang rusak dan mempersiapkan perbekalan sambil menunggu kondisi cuaca di laut membaik. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...